MANFAAT DAUN KUMIS KUCING UNTUK MENGOBATI KENCING BATU

Advertisement

Manfaat daun kumis kucing sebagai bahan obat tradisional sudah dikenal oleh masyarakat sejak dulu. Tumbuhan kumis kucing merupakan tanaman obat Asli Indonesia yang telah terbukti berhasil mengatasi beberapa jenis penyakit. Tumbuhan kumis kucing bisa tumbuh subur pada lahan-lahan pertanian dengan tanah yang cukup gembur, berhumus, mempunyai sirkulasi udara serta air yang baik. Tanaman ini dapat tumbuh dengan optimal pada ketinggian 500 - 1.200 diatas permukaan air laut.

Banyak sekali manfaat daun kumis kucing terutama untuk mengobati penyakit dalam dan saluran pembuangan. Dalam penggunaanya sebagai bahan obat, tumbuhan kumis kucing lebih dikhususkan pada bagian daunnya, bisa dengan cara direbus dan diambil air hasil rebusannya, dicampur dengan bahan-bahan obat lain, atau diolah dengan alat yang modern. Dibawah ini adalah ciri-ciri, khasiat dan kegunaan daun kumis kucing.

BENTUK DAN CIRI CIRI TANAMAN KUMIS KUCING


Beberapa ciri tumbuhan tanaman kumis kucing antara lain :
  • Mempunyai batang yang tegak dan berakar dengan tinggi bisa mencapai 2 meter.
  • Daun berbentuk bundar atau lonjong, bulat telur, atau bergerigi seperti daun belimbing dengan panjang daun antara 1 sampai 10 cm, dan lebar antara 7,5 mm sampai 1,5 centimeter.
  • Mempunyai bunga yang berwarna putih yang berbentuk tandan.
  • Benang sari pada bungan mempunyai ukuran yang lebih panjang melebihi bibir bunga pada bagian atas.

KEGUNAAN DAN MANFAAT DAUN KUMIS KUCING


Daun kumis kucing memiliki khasiat dan manfaat yang bagus untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya yang diantanya sebagai berikut :
  • Sebagai obat penyakit kencing batu
  • Melancarkan pengeluaran air kemih (diuretik)
  • Selain itu Daun Kumis Kucing juga berkhasiat untuk mengobati batuk encok, sembelit, radang ginjal, batu ginjal, radang ginjal, kencing manis, albuminuria, syphilis(raja singa), rematik dan juga menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Daun Kumis kucing juga berkhasiat untuk mengobati anak yang susah kencing dengan cara meminumkan rebusan beberapa lembar daun kumis kucing.

Demikianlah pembahasan dan informasi tentang manfaat daun kumis kucing untuk mengobati kencing batu. Selain bersifat diuretik, Daun Kumis Kucing juga bersifat antibakteri. Semoga ulasan ini bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : MANFAAT DAUN KUMIS KUCING UNTUK MENGOBATI KENCING BATU

1 comments:

  1. x-)
    terima kasih pengetahuannya.
    Dulu aku punya tanaman kumis kucing ini dan aku tanam di sebuah Pot.
    Tanaman kumis kucing ini tumbuh subur tetapi beberapa bulan kemudian hilang dari halaman rumah beserta potnya.
    Aku tidak tahu sejak kapan menghilang karena aku kerja jadi tidak begitu memperhatikan, aku sadari kalau hilang saat libur kerja.
    heem sekarang malah butuh

    ReplyDelete