CARA BUDIDAYA JAMUR MERANG DAN PERAWATANNYA HINGGA PANEN

Advertisement

Jamur merang merupakan salah satu spesies jamur pangan yang mengandung gizi tinggi. Jamur sendiri memiliki beberapa macam jenis. Salah satu jenis jamur yang biasa kita dengar adalah jamur merang. Bahan makanan yang satu ini bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Jamur merang banyak dibudidayakan di kawasan Asian Timur dan Tenggara yang memiliki iklim tropis. Cara budidaya jamur merang cukup mudah, sebagaimana telah kita ketahui sebelumnya suhu lembab adalah syarat mutlak agar jamur bisa tumbuh subur.

Bagi Anda yang ingin mencoba berwira usaha dengan berbudidaya jamur merang, berikut ini adalah artikel sederhana tentang langkah-langkah pembibitan, menanam, merawat, dan memanen jamur merang. Sebelumnya, silahkan siapkan dahulu bahan untuk menanam jamur merang.

BAHAN UNTUK MENANAM JAMUR MERANG


  • Abu sekam padi
  • Jerami padi
  • Air kapur sirih
  • Bedengan atap dari daun kelapa
  • Tanah satu bidang (disarankan yang dekat dengan perairan / sumber air)

PEMBIBITAN JAMUR MERANG


Cara memilih bibit jamur merang yang baik adalah sebagai berikut :
  1. Ambil beberapa jamur payung diperanian bibit jamur merang (bisa juga dengan anda membeli bibitnya)
  2. Kemudian potong potonglah jamur (diiris-iris) payungnya saja masukkan dalam panci dan siramkan air hangat agar steril
  3. Abu sekam diaduk, sekam yang mentah dan irisan jamur dicampur air bersih banyaknya irisan ¾ kg. Tutup rapat pada tempat teduh selama dua sampai empat hari.
  4. Setelah 2 – 4 hari tutupnya dibuka akan terlihat serabut benang putih seperti sarang labah. Jika tidak terlihat serabut putih tersebut berarti pembibitan gagal.

CARA BUDIDAYA / MENANAM JAMUR MERANG


1. Jerami padi, abu sekam, sekam padi dicampur air kapur yang banyak, diaduk aduk merata, dibusukkan (kompos) dulu 3 sampai 4 hari.

2. Silahkan membuat bedengan dari jerami padi yang sudah menjadi kompos kemudian diikat, ditumpuk saling melintang dua lapis diatas tanah yang berukuran 5x1 meter, berilah alas setinggi 20sentimeter bisa menggunakan batu kali maupun batu bata.

3. Selang  dua lapis susunan merang jerami taburkanlah sekam segar, dan abu sekam diatas permukaan

4. Kemudian tabur merata bibit jamur dibagian tepi dan bagian permukaan bedeng, lalu tutup menggunakan sekam (jangan terlalu tebal, cukup tipis saja).

5. Siramlah dengan air secukupnya, Anda bisa menggunakan gembor air agar merata.



PERAWATAN DAN PANEN JAMUR MERANG


Perawatan : Bedengan disiram air bersih 1 minggu pagi dan sore, setelah itu jarak 2 hari sekali diatur suhunya agar konstan (bila kurang air disiram lagi, bila kelebihan maka katup jendela dibuka).



Panen : Setelah 20 hari akan tumbuh jamur yang sudah siap untuk dipanen. Panen bisa dilakukan terus menerus selama tiga bulan hanya membutuhkan pembibitan baru lagi.


Sekarang Anda sudah tahu gambaran besar dan langkah-langkah bagaimana menanam jamur merang mulai mempersiapkan tempat, pembibitan, perawatan dan masa panen. Anda bisa mempraktekkannya jika ingin mencoba berbudidaya jamur. Semoga tips cara budidaya jamur merang ini bisa bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA BUDIDAYA JAMUR MERANG DAN PERAWATANNYA HINGGA PANEN

0 comments:

Post a Comment