CARA MEMBUAT DETERJEN BUBUK & BAHAN DETERJEN

Advertisement

Pernahkan terpikirkan sebelumnya tentang cara membuat deterjen bubuk sendiri ? Detergent merupakan campuran berbagai bahan yang digunakan untuk mencuci pakaian. Detergent (deterjen) tidaklah sama dengan sabun, walaupun sabun juga termasuk detergent. Namun, dibanding dengan sabun, detergent ini mempunyai keunggulan antara lain mempunyai daya cuci yang lebih baik serta tidak terpengaruh oleh kesadahan air. Air sadah yaitu air yang mengandung garam kalsium dan magnesium yang larut dari batuan yang dialiri air.

Kebersihan pakaian dan tempat tinggal merupakan faktor penting bagi kesehatan. Deterjen tentunya sudah sangat akrab dalam kehidupan kita, terutama bagi ibu rumah tangga. Membuat deterjen memang di spesialisasikan untuk membersihkan bahan-bahan kain dan baju, seperti handuk, kemeja kaos, sprei, dan celana. Sebab, sifat detergent adalah penghilang noda pada bahan-bahan tersebut.

Pada zaman dulu tentunya belum ada yang mengetahui cara membuat deterjen seperti sekarang, namun kegiatan mencuci pakaian dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan tradisional seperti lerak atau kelerak. Lerak adalah tumbuhan yang dikenal karena keunggulan bijinya yang digunakan sebagai detergent tradisional . biji lerak mengandung sponin (alkaloid beracun) yang menghasilkan busa dan memiliki fungsi sebagai bahan pencuci. Namun pada era modern ini lerak tidak lagi digunakan untuk mencuci pakaian atau berbagai peralatan sehari-hari, karena banyaknya produk-produk detergent yang dinilai lebih modern. Akan tetapi lerak masih sering digunakan untuk mencuci kain batik, karena terbukti mampu mempertahankan kualitas kain seperti saat di buat.

MACAM MACAM BENTUK DETERJEN


Pada umumnya detergent berbentuk serbuk (bubuk), namun berdasarkan bentuk fisiknya detergent ada tiga macam, antara lain:

  • Deterjen cair, biasanya digunakan untuk laundry menggunakan mesin cuci yang kapasitasnya besar dan dengan teknologi canggih. 
  • Deterjen krim,bentuk detergent krim hampir sama dengan sabun colek tetapi kandungan formula bahan baku keduanya berbeda. 
  • Deterjen bubuk, jenis detergent ini paling familiar dimasyarakat dan paling banyak digunakan.

Saat ini detergent tersedia dalam berbagai merk dan berbagai kandungan pewangi dan pelembut serta bahan-bahan tambahan lain agar fungsinya lebih beragam. Jika ingin membuat deterjen bubuk sendiri, Anda bisa mengikuti langkah langkah dibawah ini yang bersumber dari Buku Wira Usaha.

BAHAN DETERJEN BUBUK


- Bubuk sabun putih 300 gram
- Bicarbonat Natricus 270 gram
- Causik Soda 15 gram
- Biboras Tatricus 15 gram
- Bibit minyak wangi 15 cc

*Bahan-bahan diatas bisa diperoleh ditoko bahan bahan kimia.

CARA MEMBUAT DETERJEN BUBUK


1.Campurkan bubuk sabu putih dengan Bicarbonat Natricus, Causik Soda, dan biboras Tatricus.kemudian tumbuk atau gilas sampai kering dan halus.

2.Setelah campuran bahan tadi halus barulah masukkan bibit minyak wangi kemudian aduk hingga merata.

3.Terakhir jemurlah adonan tadi hingga benar-benar kering kemudian diayak dan ambil yang paling halus (bubuk).

Diantara bahan bahan dalam cara membuat deterjen bubuk diatas ada yang tidak bisa larut/hancur oleh mikroorganisme sehingga bisa menyebabkan pencemaran lingkungan. Dibutuhkan kesadaran yang tinggi agar kestabilan ekosistem lingkungan tetap terjaga dengan membuang limbah rumah tangga pada tempatnya. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MEMBUAT DETERJEN BUBUK & BAHAN DETERJEN

0 comments:

Post a Comment