CARA MEMBUAT PASTA GIGI / ODOL SEDERHANA & MUDAH

Advertisement

Pasta gigi adalah sejenis sabun yang berbentuk pasta yang digunakan untuk membersihkan gigi, yang dalam penggunaanya selalu bersamaan dengan alat yang disebut sikat gigi. Di lingkungan masyarakat Indonesia, pasta gigi sering juga disebut ODOL. Namun sebenarnya ODOL adalah salah satu merk pasta gigi. Negara yang membuat pasta gigi tersebut adalah jerman dan dibawa oleh tentara Belanda pada zaman penjajahan. Walaupun sekarang sudah tidak ada lagi merk itu di negara kita, namun akhirnya nama ODOL telah menjadi sebutan umum untuk pasta gigi.

Sejak zaman sebelum masehi (sekitar 3.500 SM) bangsa Babilonia dan mesir menggunakan stik kunyah (chewingstik)yang diambil dari kayu dari tanamn salvadora perisca untuk menyikat gigi yang kita kenal dengan siwak. Karena tanaman salvadora perisca ini dipercaya sebagai obat dan memiliki kemampuan antiseptik sebagai pasta gigi.

Pemilihan pasta gigi yang tepat tentu akan memberikan manfaat yang maksimal bagi kesehatan gigi dan mulut kita. Terutama bila gigi anda termasuk gigi yang sensistif maka anda juga harus memilih pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Namun kita juga harus berhati-hati dalam memilih pasta gigi, karena tidak semua merk pasta gigi yang ada dipasaran mengandung zat-zat / enzim yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut kita. Ada bahan kimia tertentu yang terkandung dalam beberapa merk pasta gigi yang sebaiknya dihindari.

Berikut ini adalah tips cara membuat pasta gigi / odol sederhana dengan bahan yang mudah didapatkan di toko toko yang menjual bahan bahan kimia :

BAHAN UNTUK MEMBUAT PASTA GIGI / ODOL



PROSES PUMBUATAN PASTA GIGI


1. Buat larutan pertama terlebih dahulu dengan cara Larutkan Sodium/Natrium Lauryl Sulfat dengan Gula/Gleserin pada wadah yang telah disediakan sambil diaduk hingga merata.

2. Kemudian buat larutan kedua , caranya larutkan Magnesium Carbonat dan Minyak pepermint pada wadah lain.

3. Larutan pertama diatas (pada point a) kemudian dicampur dengan larutan kedua (pada point b) sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga merata.

4. Apabila larutan tersebut sudah mengental dan halus barulah tambahkan minyak pisang ambon kedalam larutan sambil terus diaduk hingga benar-benar merata dan halus dan bentuknya menjadi pasta.

Proses membuat pasta gigi selesai. Anda bisa menggunakan pasta gigi tersebut  untuk kebutuhan sehari-hari atau memasarkannya.

Dengan adanya pasta gigi kita dapat menyikat gigi lebih bersih sehingga terhindar dari berbagai ganguan gigi dan mulut. Pasta gigi juga memberikan aroma mulut yang segar sehingga kita merasa nyaman saat beraktifitas, karena gigi dan mulut juga merupakan bagian tubuh yang harus kita jaga baik kesehatan maupun kebersihannya. Semoga tips cara membuat pasta gigi ini bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MEMBUAT PASTA GIGI / ODOL SEDERHANA & MUDAH

3 comments:

  1. permisi saya mau tanya, reaksi pertama apa yang terjadi pada odol saat odol telah tercampur?? dan apakah odol tersebut bisa langsung dipakai?? terimakasih mohon dijawab.

    ReplyDelete
  2. Tidak ada reaksi kimia antar bahan-bahan yang dicampur. Sodium Lauryl Sulfat berefungsi sebaga pembentuk busa/buih, Gula atau Gleserin sebagai pemanis, Magnesium karbonat sebagai pengental, Minyak pepermint sebagai pembentuk rasa pedas (isis, Jw), dan Minyak pisang ambon sebagai pemberi aromam
    Setelah semua bahan dicampur, maka bisa segera dipergunakan.

    ReplyDelete
  3. terimakasih banyak infonya, saya sudah coba kebetulan saya punya tugas tentang koloid. saya tertarik membuat odol, ketika semua bahan sudah tercampur kenapa rasanya panas yah? bahan apa yang menyebabkan panas apa dari bahan minyak permenmint? bisa bantu saya jelaskan?? terimakasih

    ReplyDelete