CARA MEMBUAT TEMPE KEDELAI PALING MUDAH

Advertisement

Cara membuat tempe dari bahan kedelai cukup mudah dilakukan sendiri dirumah. Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai. Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia, namun kini telah mendunia dan sudah diakui Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai makanan yang kaya gizi. Mayoritas vegetarian di dunia telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging, sehingga sekarang tempe di produksi di banyak negara di dunia. Akan tetapi tempe tetaplah makanan tradisional indonesia yang sudah dikenal sejak berabad-abad lalu, dengan cara pembuatan tempe yang masih sangat sederhana.

Tempe merupakan makanan istimewa yang kaya gizi, namun kadang di pandang sebelah mata karena tidak banyak orang yang tahu kandungan gizi tempe. Tempe merupakan sumber protein nabati,yang juga kaya akan serat pangan, kalsium,vitamin B, dan zat besi. Kandungan antibiotik dan antioksidan dalam tempe juga dapat menyembuhkan infeksi serta mencegah penyakit degeratif, hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan banyak orang membuat tempe kedelai sendiri dan tentu saja untuk dikonsumsi sendiri ataupun dipasarkan.

MANFAAT TEMPE BAGI KESEHATAN


Sudah tidak diragunakan lagi bahwa tempe memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh, beberapa diantaranya :
  • Sumber protein nabati
  • Menurunkan resiko penyakit jantung
  • Sumber vitamin 
  • Sebagai antioksidan
  • Mencegah anemia
  • Serat pangan
  • Mencegah perut kembung
  • Hipokolesterolemik
  • Mengatasi keracunan
  • Dll

Dari tampilan tempe yang sederhana namun menyimpan banyak keistimewaan, tentu banyak dari kita ingin membuat tempe sendiri. Pembuatan tempe tidak sulit akan tetapi memerlukan ketepatan,bahan, tempat, dan lingkungan. Apabila salah satu unsur tidak terpenuhi maka proses pembuatan tempe tidak akan berhasil. Jadi, bila ingin membuat tempe harus dengan hati-hati. Untuk memperoleh tempe yang berkualitas baik, maka kedelai yang digunakan juga harus berkualitas baik dan tidak dicampur dengan biji-bijian lain. Berikut ini adalah bahan dan cara membuat tempe

BAHAN-BAHAN UNTUK MEMBUAT TEMPE


  • Kedelai
  • Ragi tempe/laru
  • Daun pisang / Plastik

CARA MEMBUAT TEMPE & PROSESNYA


1. Cucilah kedelai hingga bersih, kemudian rebus kedelai. Perebusan ini berfungsi sebagai proses hidrasi, yaitu agar biji kedelai menyerap air sebanyak mungkin.
2. Setelah kedelai dicuci bersih dan direbus, kelupaskan kulitnya dengan tangan atau kaki yang bersih. Caranya dengan dipencet-pencet dengan jari tangan atau diinjak-injak dengan kaki sambil disirami dengan air agar kulit tipisnya hilang sehingga tampak putih dan bersih.
3. Selanjutnya cuci kembali kedelai hingga bersih kemudian biarkan beberapa saat agar air nya tuntas dan kering.
4. Setelah kedelai kering taburi dengan ragi tempe hingga merata, lalu taruhlah diatas tampah besar dan perkirakan tebalnya tempe 3-4 centimeter.
5. Setelah ditaruh diatas tampah besar dengan ketebalan yang diinginkan maka segeralah tutup dengan daun pisang kemudian letakkan di tempat yang teduh dan lembab selama kurang lebih 3 hari.
6. Apa bila selama penyimpanan tersebut muncul jamur-jamur yang lembut dan warnanya putih kelabu, maka pembuatan tempe kedelai telah berhasil.

Untuk membuat tempe yang lebih sederhana lagi, Anda bisa mengikuti langkah langkah seperti pada gambar dibawah ini :
Cara Membuat Tempe
Gambar : Proses pembuatan tempe kedelai.

Demikianlah informasi seputar cara membuat tempe kedelai paling mudah dan sederhana. Dalam pengolahan tempe sebaiknya hindari menggoreng karena dapat menghilangkan berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Sebaiknya mengolah/memasak tempe dengan cara dirabus, dibacem, disemur, atau sebagai campuran sayur akan tetap menjaga kandungan gizi didalam tempe.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MEMBUAT TEMPE KEDELAI PALING MUDAH

0 comments:

Post a Comment