CARA TERNAK LEBAH MADU HINGGA PANEN TERLENGKAP

Advertisement

Ternak lebah madu merupakan salah satu jenis usaha peternakan yang menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Madu murnilah yang akan dihasilkan dari peternakan hewan kecil ini. Saat ini memang sudah banyak produksi madu kemasan yang beredar luas dipasaran, namun sudah menjadi rahasia umum bahwa madu madu kemasan kebanyakan sudah dicampur dengan bahan bahan lain sehingga cukup jauh dari kesan "madu murni" / "madu asli".

Untuk budidaya lebah madu tidah semua lebah bisa dibudidayakan, namun kita harus mencari jenis lebah yang bagus dan mampu menghasilkan madu dalam jumlah yang banyak. Jenis lebah madu yang bagus contohnya adalah lebah jenis "Apisamalifer" dan "Apisaindila" yang mampu menghasilkan madu sebanyak 6-35 kilogram pertahun. Bagi Anda yang ingin mencoba peluang usaha atau sekedar ingin mengetahui tata cara ternak lebah madu mulai dari persiapan, perawatan, hingga masa panen.

PERSIAPAN TERNAK LEBAH MADU


  1. Buatlah sarang lebah dengan ukuran 34 x 18 x 7,5cm pada kedua sisi yang berukuran 18cm kemudian berilah lubang dengan ukuran 6 x 1 cm sebagai tempat keluar masuknya lebah.
  2. Buatlah alas dan tutup kotak dari papan kayu yang berukuran 40 x 24 cm
  3. Buatlah tala atau prem berbentuk segi empat dan disesuaikan dengan tambah lebah yang telah dibuat.
  4. Setelah persiapan diatsa selesai, masukkanlah bingkai ke dalam kotak satu persatu dengan jarak yang agak renggang, lalu pasang alat dan penutup kotak.
  5. Untuk pemindahan lebah dari sarang harus dilakukan dengan perlahan-lahan dan sebaiknya dilakukan pada waktu mlam hari.
  6. Usahakan lokasi pemindahan harus tetap dekat dengan sarang atau kandang lama agar lebah tidak bubar.

PEMELIHARAAN LEBAH MADU


- Usahakan kotak lebah yang telah diletakkan jangan diganggu dan diubah-ubah penempatannya untuk memberikan rasa aman dan tenaga pada lebah, kotak juga harus dihindarkan dari gangguan hama, kecoa, maupun serangga lain yang dapat mengganggu.
- Setiap satu minggu sekali bersihkan bagian bawah kotak lebah, apabila ada tala yang rusak sebaiknya dibuang.
- Sediakan makanan tambahan pada musim paceklik, caranya buatlah adonan dari campuran gula, air, ragi tape, tepung kedelai, dan susu bubuk. Kemudian masukkan makanan dari campuran bahan-bahan tersebut ke dalam kotak lebah. Pada musim kemarau jangan lupa sediakan air bersih di dekat kotak lebah.
- Agar lebah tidak lari tutuplah lubang keluar masuk pada bagian bawah.

CARA MEMANEN MADU


  • Pemanenan madu ini harus dilakukan apabila tala sudah tertutup penuh dengan madu. Ambil kotak-kotak lebah dan letakkan pada tempat yang rata.
  • Buka tutup bagian atas kemudian ambil satu persatu tala yang sudah dipenuhi madu.
  • Bersihkan lebah yang masih menempel pada tala perlahan-lahan dengan menggunakan sikat halus agar lebah kembali masuk ke kandang.
  • Sisir sarang atau prem dengan pisau, kemudian masukkan dalam ember.
  • Setelah srang atau prem tersisir semua,maka tinggal memerasnya kemudian disaring beberapa kali hingga bersih. Barulah masukkan madu yang telah bersih ke dalam botol.

FAEDAH LEBAH MADU BAGI KEHIDUPAN MANUSIA


Disusun berdasarkan bahan dari pusat Apiari Pramuka Jakarta dan World Neighbours in action ;
1. Meningkatkan produksi tanaman, karena perkawinan bunga terbantu.
2. Madu mempunyai nilai gizi tinggi dan berkhasiat lengkap misalnya sebagai campuran jamu.
3. Anak lebah madu merupakan makanan sehat.
4. Sarang lebah madu juga merupakan makanan yang bermutu.
5. Lilin lebah atau biasa disebut malam dapat digunakan untuk membuat batik (membatik)
6. Sengatan lebah dapat meringankan sakit encok dan masuk angin.

Demikianlah tips sederhana tentang bagaimana cara ternak lebah madu untuk menghasilkan madu asli yang kaya akan nutrisi. Madu merupakan makanan terbaik yang mengandung zat zat berguna bagi tubuh. Madu juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Bisa kita lihat saat ini sudah banyak obat herbal yang menggunakan madu sebagai bahan utamanya.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA TERNAK LEBAH MADU HINGGA PANEN TERLENGKAP

0 comments:

Post a Comment