CARA MENGATASI SAKIT PERUT SAAT HAID DAN PENYEBABNYA

Advertisement

CARA MENGATASI SAKIT PERUT SAAT HAID
Sakit perut saat haid atau nyeri haid adalah salah satu masalah yang sering menjadi keluhan oleh wanita pada umumnya. Sebenarnya nyeri haid ini merupakan hal yang wajar atau lumrah dialami oleh setiap wanita. Namun, yang membedakannya adalah bila hal tersebut mengganggu aktivitas dan kehidupan sehari-harinya.

Sakit perut saat haid atau yang biasa disebut nyeri haid dapat dikategorikan menjadi dua yaitu nyeri haid primer dan nyeri haid sekunder. Nyeri haid primer adalah sakit perut saat haid yang tidak berhubungan dengan kelainan patologis yang berasal dari organ dalam panggul. Nyeri ini dapat terjadi 2-3 tahun setelah haid pertama dan mencapai puncaknya pada usia 15-25 tahun lalu seiring dengan pertambahan usia rasa nyeri tersebut akan menurun intensitasnya dan akan menghilang saat wanita melahirkan secara alami.

Nyeri haid sekunder, sakit perut saat haid yang berhubungan dengan kelainan yang berasal dari organ dalam panggul. Biasanya nyeri sekunder terjadi dua hari atau lebih sebelum haid dimulai dan rasa nyeri akan semakin hebat saat haid dan akan menghilang dua hari atau lebih setelah haid berhenti.

PENYEBAB SAKIT PERUT SAAT HAID


Rasa sakit dan nyeri pada perut pada saat haid maupun masa sebelum haid disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Adanya penyempitan pada indung telur
  • Olahraga yang kurang teratur
  • Setres atau banyak pikiran
  • Rahim yang terbalik, hal ini membuat darah kotor atau drah haid tidak mudah dikeluarkan.
  • Peradangan selaput lendir rahim, peradangan dapat terjadi akibat penyakit kelamin yang disepelekan. Hal itu biasanya hanya terjadi dan sangat jarang sesudah persalinan atau keguguran.
  • Endometriosis, yaitu pertumbuhan jaringan lapisan rahim di tempat lain didalam ruang panggul.
  • Pemakaian alat KB jenis spiral
  • Adanya tumor (Fibroid)

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit perut saat haid mulai hal-hal sederhana, pemakaian obat-obatan, hingga terapi hormonal. Obat-obatan yang digunakan harus atas petunjuk dokter dan dalam aturan pakai yang sesuai. Apabila dengan obat-obatan tidak berhasil maka dapat dilakukan terapi hormonal sesuai petunjuk dokter. Namun, cara lebih baik untuk menghilangkan nyeri haid adalah dengan cara sederhana atau dengan cara yang alami, sebab obat bisa menyebabkan kecanduan kepada efek penghilang nyeri dan juga menyebabkan efek samping.

Berikut ini adalah beberapa bahan-bahan dan cara sederhana membuat ramuan untuk mengobati nyeri haid yang dapat anda praktekkan sendiri dirumah tanpa obat-obatan.

BAHAN BAHAN


• Temulawak 1 ons
• Asam 1 rangkai
• Gula merah secukupnya
• Garam dapur 1 sendok
• Air bersih/mineral 2 gelas(3/4 liter)

CARA MEMBUAT


1. Kupas temulawak kemudian iris tipis-tipis
2. Masukkan semua bahan dalam panci kemudian rebus dengan 3 gelas air dan tinggalkan hingga 1 gelas
3. Minumdalam keadaan hangat

Ada beberapa tips untuk mencegah dan cara mengatasi sakit perut saat haid, antara lain: Olahraga ringan saat haid (namun hindari olahraga berat), sebaiknya hindari alkohol, kopi, dan cokelat serta hindari juga makanan yang bersuhu dingin seperti es krim, banyak mengkonsumsi vitamin E, vitamin B6, atau minyak ikan, sayuran, buah-buahan, dan makanan yang rendah lemak. Semoga tips ini bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MENGATASI SAKIT PERUT SAAT HAID DAN PENYEBABNYA

0 comments:

Post a Comment