CARA MENYABLON KAOS / KAIN MANUAL DENGAN TEKNIK SABLON KILAT

Advertisement

Cara menyablon kaos / kain - Sejak tahun 3000 sebelum masehi pencetakan sebenarnya sudah dikenal oleh masyarakat Mesopotamia. Namun untuk sablon dengan mediascreen baru dikenal pada tahun 960-1279 di China oleh dinasti song. Pada tahun 1664 cetak sablon atau cetak saring telah dikenal dan digunakan oleh bangsa jepang untuk mencetak berbagai motif kimono yang merupakan pakaian khas jepang. Karena, apabila kimono ditulis dengan tangan maka menjadi sangat mahal harganya. Istilah teknik cetak saring ini tidak begitu dikenal di indonesia. Istilah yang umum digunakan adalah cetak sablon. Kata sablon yang kita kenal hingga saat ini berasal dari bahasa belanda yaitu schablon.

Sablon merupakan sebuah teknik untuk mencetak tinta diatas bahan (kain/kaos/kertas) dengan bentuk sesuai dengan yang kita kehendaki. Teknik sablon ini cukup mudah untuk dipelajari dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini banyak tersedia teknik percetakan/ sablon dengan menggunkan media printer atau yang biasa disebut digital printing. Namun teknik sablon manual juga masih banyak digunakan, dengan alasan kualitas yang diperoleh dari sablon manual relatif lebih baik dan tahan lama. Selain itu, banyak teknik dan variasi sablon yang pada saat ini hanya bisa dilakukan dengan teknik manual.

Ada 2 macam sablon, yaitu:

1. Sablon manual, merupakan sablon yang menggunakan media screen/ kain kasa sebagai alat cetaknya.
2. Sablon hot press, merupakan suatu alat untuk mentransfer gambar atau tulisan.

Berikut ini mari kita belajar tentang sablon dan peralatan yang dibutuhkan serta cara menyablon kilat:

BAHAN-BAHAN UNTUK MENYABLON KAOS


• Gambar (dari bentuk apapun dari stiker/plastik)
• Kain atau kaos
• Minyak sablon
• Kapas
• Alas dari kaca atau keramik yang rata
• Penggosok dari sendok

CARA UNTUK REPRODUKSI SABLON KILAT


1. Sebelumnya gambar yang hendak di buat sablon di foto kopi terlebih dahulu. Apabila dari gambar stiker maka lem perekatnya harus dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan minyak tanah sampai betul-betul bersih.
2. Letakkan kain atau kaos pada kaca atau keramik, beri minyak sablon pada kapas dan dioleskan pada kain atau kaos hingga merata betul.
3. Letakkan gambar pada kain atau kaos yang telah diolesi minyak, beri kertas diatasnya lalu digosok hingga benar-benar merata dengan sendok.
4. Setelah digosok hingga merata angkatlah gambar tersebut pelan-pelan, dan pada kain atau kaos tersebut sudah muncul gambar yang kita ingin buat tadi.

KETERANGAN


Apabila anda menghendaki tulisan atau huruf, sebelum gambar diletakkan apda kain buatlah tulisan atau huruf yang anda kehendaki pada plastik transparant dengan rugos atau spidol, kemudian difoto kopi / scan / print dengan terbalik hurufnya agar nanti saat diletakkan pada kain atau kaos yang akan disablon dapat terbaca dengan baik. Cara menyablon kaos dengan teknik sablon kilat dirasa cukup mudah untuk dilakukan.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MENYABLON KAOS / KAIN MANUAL DENGAN TEKNIK SABLON KILAT

0 comments:

Post a Comment