6 PENYEBAB TIMBULNYA JERAWAT CARA MENGHILANGKAN JERAWAT

Advertisement

Penyebab timbulnya jerawat bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor dari dalam tubuh maupun dari faktor luar. Secara umum jerawat bisa muncul kapan saja dan tidak mengenal gender baik pria maupun wanita. Namun kebanyakan jerawat ini muncul pada usia remaja / dalam usia produktif.

Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Penderita jerawat ini cukup besar jumlahnya. Kemungkinan penyebab jerawat ini adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak dikulit. Jerawat tidak hanya tumbuh di wajah, namun jerawat juga tumbuh di bagia tubuh lain seperti punggung, dada, dan lengan bagian atas.

PENYEBAB MUNCULNYA JERAWAT


• Produksi minyak berlebihan, jerawat tidak selalu disebabkan karena kotor melainkan kondisi abnormal kulit akibat gangguan kelebihan produksi kelenjar minyak yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.

• Sel-sel kulit mati,jerawat juga dapat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati.

• Bakteri, bakteri biasanya cenderung berkembang biak di dalam kelenjar minyak yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi.

Kosmetik, penyumbatan pori-pori seringkali terjadi karena penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak.

• Telepon genggam, penggunaan telepon genggam bisa menjadi media subur tumbuhnya bakteri dan sering menempel pada pipi ketika menelepon.

• Stres, bukan penyebab langsung timbulnya jerawat. Namun, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres. Selain itu, stres membuat seseorang mempunyai pola makan yang cenderung lebih banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak. Hal tersebutlah yang memungkinkan timbulnya jerawat.

CARA MENCEGAH TIMBULNYA JERAWAT


  • Jagalah kebersihan kulit, baik kulit wajah dan tubuh dengan cara mandi secara teratur dan membersihkan wajah setelah beraktivitas.
  • Saat tidur adalah saat kulit kita beregenerasi, jadi sebaiknya tidak menggunakan make up.
  • Sebaiknya memilih produk perawatan kulit dan make up yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Jangan biasakan membasuh wajah dengan air dingin ketika masih berkeringat, ini akan menyebabkan pori pori kulit mengecil dan kotoran yang ada pada keringat akan tertinggal di dalam pori pori kulit., dan ini bisa menyebabkan jerawat.

Saat timbul jerawat, sebaiknya tidak menyentuh ataupun memencet jerawat agar tidak semakin meradang dan bertambah banyak. Banyak sekali cara alami dan tradisional untuk mengatasi jerawat . Namun, perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua cara alami dan tradisional tersebut cocok untuk kulit anda. Kenali terlebih dahulu jenis kulit anda, apakah sensitif? Atau apakah kering? Atau apakah berminyak?

Kulit wajah kita adalah bagian yang paling sensitif, Sebaiknya memilih cara alami dan bahan alami yang paling ringan untuk mengatasi jerawat anda, misalnya dengan daun sirih, tomat matang, mentimun, ataupun jeruk nipis. Nah berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat yang dapat anda coba dirumah untuk semua jenis kulit.

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT SECARA ALAMI


CARA PERTAMA ; Ambil dan rendamlah beberapa lembar daun sirih dalam air panas. Kemudian setelah air rendaman dingin gunakanlah untuk mencuci wajah, lakukan mencuci wajah dengan air rendaman daun sirih tersebut dua kali sehari setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

CARA KEDUA ; Gunakan buah tomat matang atau mentimun untuk menggosok kulit wajah yang berjerawat, apabila ingin efek lebih cepat bisa menggunakan jeruk nipis. Lakukan secara teratur setiap malam sebelum tidur, dan setelah bangun tidur basuhlah wajah dengan air hangat. Semoga ulasan seputar penyebab timbulnya jerawat serta cara menghilangkan jerawat ini bermanfaat. 



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 PENYEBAB TIMBULNYA JERAWAT CARA MENGHILANGKAN JERAWAT

1 comments: