CARA MEMBUAT DONAT DENGAN BAHAN UBI JALAR

Advertisement

Untuk membuat kue donat bisa dilakukan dengan berbagai bahan dasar, seperti kentang, ubi jalar, bahkan singkong. Donat merupakan salah satu makanan jenis kue yang sangat digemari karena rasanya yang gurih dan manis. Saat ini sudah banyak variasi donat yang menarik, seperti donat coklat, donat dengan kacang, selai, mete, keju, dan berbagai donat dengan rasa buah seperti stroberi. Salah satu bahan dasar untuk membuat donat adalah ubi. Ubi jalar atau ketela rambat merupakan sejenis tanaman budidaya, bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi yang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi.

Ada 3 jenis ubi jalar yaitu:
  • Ubi jalar putih 
  • Ubi jalar kuning 
  • Ubi ungu (merah keunguan) 

Dari ketiga jenis ubi jalar diatas, ubi jalar ungu lah yang memiliki kadar antosianinnya paling tinggi dan juga mengandung senyawa antioksidan paling komplit. Semakin pekat warnanya, maka semakin tinggi kadar betakoroten yang merupakan bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh. Selain betakaroten, warna yang pekat pada ubi jalar juga menandakan akan tingginya kandungan senyawa lutein dan Zeaxatin, pasangan antioksidan karotenoid. Kedua senyawa tersebut termasuk pigmen warna sejenis klorofil yang merupakan pembentuk vitamin A, dan juga merupakan senyawa aktif yang memiliki peran penting menghalangi proses perusakan sel. Mengkonsumsi seporsi ubi jalar ungu kukus ata rebus sudah memenuhi anjuran kecukupan vitamin A sebanyak 2100-3600 mkg sehari. Selain mengandng vitamin A, C, dan E ubi jalar juga mengandung vitamin B6 yang berperan penting dalam menyokong kekebalan tubuh.

Banyak orang beranggapan bahwa ubi hanyalah makanan tradisional . Padahal jika mengetahui kandungan gizi ubi seperti yang telah dijelaskan diatas, ubi jalar maupun makanan olahan dari ubi jalar ini jauh lebih baik bila dibandingkan beberapa makanan modern yang banyak kita jumpai yg kandungan gizinya mungkin saja tidak sebaik ubi.

Pada saat ini, ubi jalar dapat juga diolah menjadi aneka makanan yang tidak hanya lezat namun juga mengandung banyak gizi. Salah satu olahan tata boga yang patut dicoba adalah membuat donat ubi jalar. Berikut ini adalah resep membuat donat ubi jalar, bagi anda yang belum pernah mencobanya silakan simak resep berikut. Dan bagi anda yang sudah terbiasa membuatnya, semoga bisa menginspirasi anda unruk membuatnya kembali.

BAHAN UNTUK MEMBUAT DONAT


• Ubi rebus yang dihaluskan ½ kg
• Santan kental ½ gelas
• Tepung sagu 3 sendok
• Garam secukupnya
• Minyak goreng secukupnya
• Sirup gula secukupnya

CARA MEMBUAT DONAT UBI


1. Campurkan ubi yang telah dihaluskan dengan santan kental, tepung sagu, dan garam. Aduk terus hingga tercampur rata sehingga menjadi adonan.
2. Kemudian adonan dibagi menjadi bola-bola kecil yang ukuranya sama, lalu bola-bola dibentuk menjadi donat dengan lubang kecil ditengahnya.
3. Gorenglah adonan yang telah dibentuk menjadi donat tadi ke dalam minyak yang telah dipanaskan hingga berwarna coklat keemasan (golden brown).
4. Setelah selesai menggoreng, rendamlah donat tersebut ke dalam sirup gula sebentar, kemudian angkat dan tiriskan.
5. Susun donat pada wadah atau piring dan donat siap dihidangkan.

Donat sudah selesai dibuat. Anda juga bisa juga menambahkan hiasan dengan cara mengoleskan cokelat dengan kombinasi meses, kacang, atau serutan keju di permukaan donat. Semoga tips dan cara membuat donat ini bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MEMBUAT DONAT DENGAN BAHAN UBI JALAR

0 comments:

Post a Comment