CARA MEMBUAT KLEPON PALING PRAKTIS DENGAN UBI DAN KETAN

Advertisement

Cara membuat klepon yang praktis cukup menggunakan 2 bahan dasar yakni ubi merah dan tepung ketan. Klepon atau kelepon merupakan sejenis makanan tradisional indonesia yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi gula merah atau gula jawa yang di masak dengan cara direbus dengan air mendidih. Kelepon yang sudah matang dibaluri dengan parutan kelapa dan biasanya diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang. Namun pada saat ini sudah banyak kelepon yang diletakkan di dalam wadah plastik/mika kotak kecil.

Kelepon biasa di jajakan dengan getuk dan cenil sebagai jajanan pasar ataupun camilan. Selain itu ada juga kue putu ayu dan wingko babat. Adapun bahan dasar yang digunakan untuk membuat kelepon ini adalah tepung beras ketan dan gula jawa sebagai isinya, sehingga rasanya begitu khas, kelepon ini masih sering kita jumpai di berbagai daerah, baik di pasar maupun pedagang kaki lima.

Kelepon paling cocok dihidangkan bersama kopi, teh hangat ataupun softdrink saat berkumpul bersama keluarga maupun sebagai hidangan saat arisan dan acara-acara lainnya. Sebenarnya membuat kelepon tidak harus berwarna hijau, anda juga bisa membuat kelepon berwarna putih dengan tanpa menggunakan pewarna makanan ataupun menggunakan pewarna makanan dengan warna sesuai selera.

Selama ini kita mengenal bahan dasar kelepon adalah tepung ketan, dalam artikel kali ini resep klepon akan kita tambahkan dengan ubi jalar merah sebagai bahan dasarnya yang akan menghasilkan kelepon yang spesial.

Untuk membuat kelepon ini tidak begitu sulit dan dapat dipraktekkan sendiri dirumah, sehingga anda dapat menikmati kelepon kapan saja anda inginkan tanpa perlu bersusah payah membelinya terlebih dahulu ke pasar tradisional, pedagang kaki lima ataupun toko kue. Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat kelepon yang mudah dan sederhana.

BAHAN-BAHAN UNTUK MEMBUAT KLEPON


• Ubi merah yang agak besar (kukus dan haluskan) 2 buah
• Tepung ketan ¼ kg
• Air panas 1 gelas
• Gula jawa (potong-potong kecil) 6 buah
• Kelapa parut 1 buah
• Pewarna makanan secukupnya
• Garam secukupnya

CARA MEMBUAT KLEPON


1. Campurkan ubi merah yang telah dikukus dan dihaluskan dengan tepung ketan, kemudian tuangkan air panas sedikit demi sedikit untuk membuat adonan yang agak padat.
2. Setelah adonan menjadi agak padat, bentuklah bola-bola kecil dengan menggunakan tangan kemudian buat lubang dan masukkan potongan gula jawa kedalamnya, tutup dan bentuk kembali menjadi bola-bola seperti semula. Lakukan hingga semua adonan selesai.
3. Siapkan panci yang diisi dengan air lebih dari separuh, dan masak hingga air mendidih.
4. Masukkan bola-bola adonan klepon tadi ke dalam air mendidih untuk direbus, jika bola-bola itu sudah naik ke permukaan air berarti telah matang. Angkat kemudian tiriskan.
5. Kelapa parut bubuhi dengan garam sedikit kemudian diletakkkan di dalam piring dan bola-bola klepon yang telah matang diletakkan dan digulung-gulung dengan kelapa parut ini.

Demikianlah tips dan cara membuat klepon dengan ubi dan tepung ketan. Untuk membuat klepon dengan porsi yang lebih banyak, Anda bisa mengalikan bahan sesuai dengan banyak klepon yang ingin anda buat. Cukup mudah bukan ? Semoga bermanfaat :-)



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MEMBUAT KLEPON PALING PRAKTIS DENGAN UBI DAN KETAN

0 comments:

Post a Comment