CARA MEMBUAT TELUR ASIN DAN BAHAN PEMBUATAN TELUR ASIN

Advertisement

Membuat telur asin merupakan salah satu peluang usaha yang cukup digemari saat ini. Tips dan cara membuat asin ini merupakan sebuah panduan bagi Anda yang ingin mencoba membuat telor asin sendiri. Sebelum memulai, berikut ini sedikit informasi singkat tentang kandungan gizinya.

Telur merupakan sumber gizi yang cukup lengkap meliputi karbohidrat,protein dan delapan macam asam amino. Telur mudah diolah menjadi berbagai macam makanan dan juga mudah dicerna. Makanan hewani yang sering dikonsumsi selain daging, ikan, dan susu yang sering dikonsumsi adalah telur yang umumnya berasal dari unggas seperti ayam, bebek, angsa, dan beberapa jenis burung seperti burung unta dan puyuh.

Sebenarnya hampir semua jenis telur bisa dimakan namun hanya beberapa jenis telur saja yang lazim dimakan baik sebagai lauk pauk maupun sebagai obat. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas telur agar tetap terjaga, salah satunya yaitu dengan mengasinkan telur pada pembuatan telur asin. Telur asin adalah telur yang diawetkan dengan cara diasinkan atau diberi garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak. Biasanya telur yang banyak diasikan adalah telur itik, walaupun sebenarnya telur-telur yang lain juga bisa.

Telur asin ini sangat mudah dijumpai, biasanya di jual diwarung-warung maupun di supermarket/toko-toko yang sudah dikemas dalam kemasan khusus. Namun, sebenarnya telur asin juga dapat dibuat sendiri dirumah dengan rasa yang tak kalah enak dan tak kalah lezat dengan yang dijual dipasaran. Ciri-ciri telur asin yang enak dan lezat biasanya terlihat dari teksturnya yang masir dan tidak menggumpal. Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat telur asin.

BAHAN UNTUK MEMBUAT TELUR ASIN


• Telur segar (bisa telur ayam maupun telur itik)
• Kapur sirih
• Garam dapur
• Serbuk bata

CARA MEMBUAT TELUR ASIN


1. Cuci telur segar, bersihkan kotoran yang menempel pada cangkang telur dengan menggunakan spon.
2. Rendam telur dalam air bersih kurang lebih selama 2 menit, sambil diperhatikan saat merendam jika telur mengapung berarti telur tersebut jelek atau rusak sehingga sebaiknya jangan digunakan.
3. Campurkan kapur sirih, garam dapur, dan serbuk bata dengan air secukupnya.
4. Telur yang akan diasinkan dibaluri dengan campuran bahan diatas sebagai pembungkus telur.
5. Simpan selama kurang lebih 10 hari, kemudian cuci telur dan rebus hingga matang.

Cara membuat telur asin
 Ilustrasi : cara membuat telur asin

TIPS MEMILIH TELUR YANG BAIK


Perhatikan kondisi cangkang telur dan pastikan tidak retak, warnanya juga tidak pucat ataupun terlalu gelap serta tekstur cangkangnya halus mulus dan tidak kasar. Ukuran telur tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil dan jika dimasukkan ke dalam air tidak mengapung. Baunya normal dan tidak berbau busuk dan apabila diteropong terlihat jernih dan kuning telur ada ditengah telur.

Demikianlah pembahasan cara membuat telur asin beserta bahan pembuatan telur asin.  Masa kadaluwarsa telur asin bisa mencapai satu bulan (30 hari). Makanan ini memiliki cita rasa asin namun enak dilidah. Selain rasanya lezat, telur asin juga memiliki banyak kandungan gizi dan sangat baik untuk anak. Hal ini dikarenakan kuning telur asin sangat baik untuk perkembangan otak anak. Telur juga dianjurkan bagi orang yang sedang memulihkan kesehatan dan wanita hamil.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : CARA MEMBUAT TELUR ASIN DAN BAHAN PEMBUATAN TELUR ASIN

0 comments:

Post a Comment