RESEP CARA MEMBUAT WINGKO BABAT PALING MUDAH

Advertisement

Resep dan cara membuat wingko babat tidaklah sesulit yang dibayangkan. Wingko atau wingko babat merupakan salah satu jenis makanan tradisional khas indonesia, yang terbuat dari parutan kelapa dan tepung ketan kemudian ditambah gula pasir. Sebagai perekat adonan biasanya ditambah santan, tetapi ada juga yang menggunakan mentega yang telah dicairkan. Wingko biasanya berbentuk bundar kecil-kecil sekali makan dan dibungkus kertas. Tetapi wingko babat juga sering dibuat dengan ukuran besar dan di iris kecil-kecil sebelum disajikan.

Wingko babat yang paling populer dibuat di kota Semarang, sehingga banyak orang mengira bahwa wingko berasal dari kota ini. Sebenarnya wingko babat ini sesuai dengan namanya berasal dari daerah Babat, yaitu daerah kecil di Lamongan, jawa timur. Walaupun Babat merupakan kota kecil dibandingkan kota semarang, ada banyak perusahaan penghasil wingko yang menjadi mata pencaharian banyak orang sehingga memiliki peranan penting bagi perekonomian daerah ini.

Pada saat ini, wingko babat sudah bisa dinikmati tanpa perlu anda pergi ke Lamongan ataupun Semarang, karena anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Membuat wingko babat dengan aneka bahan yang mudah sekali di dapat dan cara yang cukup mudah. Nah berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuatnya.

RESEP & BAHAN UNTUK MEMBUAT WINGKO BABAT

• Tepung ketan ½ kg
• Gula pasir ½ kg
• Parutan kelapa ½ kg
• Telur ayam 3 butir
• Garam secukupnya
• Mentega atau santan secukupnya
• Vanili bubuk secukupnya

CARA MEMBUAT WINGKO BABAT

1. Campurkan gula pasir dan parutan kelapa dengan cara diremas-remas dan dibubuhi garam secukupnya.
2. Masukkkan tepung ketan dan vanili bubuk kemudian aduk kembali hingga merata.
3. Kocok telur dan tambahkan pada adonan di atas sambil tetap diaduk hingga merata.
4. Tambahkan santan secukupnya sebagai perekat adonan, tambahkan sesuai selera. Bila tidak suka santan bisa juga diganti dengan mentega yang telah dicairkan.
5. Masukkan pada cetakan bulat kecil-kecil dan panggang hingga matang dalam oven. Atau bisa juga dibakar biasa diatas api dengan menggunakan teflon yang telah diolesi minyak atau margarin agar tidak lengket.
6. Apabila menggunakan teflon sebagai cetakan, maka potong-potonglah terlebih dahulu sebelum disajikan. Wingko siap disajikan.

Selain rasa original diatas, ada juga wingko dengan rasa durian, cokelat, nangka, strawberry dan lain-lain. Dalam pembuatan wingko, ada yang memakai santan dan ada juga yang memakai mentega yang telah dicairkan. Pembuatan wingko babat yang menggunakan mentega yang telah dicairkan mungkin dirasa lebih praktis dan karena pemakaian kelapanya sudah cukup banyak. Ketika menambahkan santan atau mentega yang telah dicairkan jangan sampai terlalu encer karena dapat mempengaruhi tekstur wingko babat, apabila terlalu encer maka wingko babat yang dihasilkan akan menjadi lembek. Semoga resep dan cara membuat wingko babat ini bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : RESEP CARA MEMBUAT WINGKO BABAT PALING MUDAH

0 comments:

Post a Comment