8 OBAT SAKIT GIGI TRADISIONAL YANG AMAN DAN MUJARAB

Advertisement

8 OBAT SAKIT GIGI TRADISIONAL YANG AMAN DAN MUJARAB
Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang paling sering di derita oleh banyak orang, sehingga banyak yang mencari cara agar gigi yang sakit kembali sembuh. Salah satunya ialah obat sakit gigi tradisional, walaupun saat ini sudah banyak obat sakit gigi dalam kemasan, masih banyak juga yang menggunakan cara alami yang diyakini sangat minim efek samping. Rasa sakit yang di peroleh dari sakit ini begitu sangat menyiksa , terkadang penderita sakit gigi mengalami sakit kepala maupun demam karena penderita merasakan gigi nya seperti ingin di "copot" , itulah salah satu hal yang di sebabkan oleh penyakit sakit gigi .

Penyebab yang bisa menyebabkan sakit gigi sangat bervariasi, antara lain gigi berlubang, biasanya ini sering terjadi pada mereka yang suka memakan makanan ataupun meminum minuman yang manis terutama anak anak. Penyebab lain ialah malas sikat gigi ketika menjelang tidur, tahukah anda bahwa saat tidur bakteri dalam mulut akan berkembang pesat saat kita tidur apalagi ditambah dengan sisa sisa makanan yang menempel pada gigi, dan ini bisa menyebabkan plak pada gigi. Infeksi pada gusi juga bisa menyebabkan sakit gigi yang fatal jika tidak segera diobati. Apabila anda sedang mengalami sakit gigi yang di akibatkan hal-hal disebutkan di atas , berikut ini adalah obat sakit gigi tradisional dan cara membuatnya.

8 BAHAN TRADISIONAL UNTUK OBAT SAKIT GIGI


DAUN SIRIH

Tidak diragukan lagi daun sirih merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki sejuta manfaat. Banyak sekali zat zat yang terkandung dalam daun sirih seperti minyak atsiri, fenol, dan kavikol. Daun sirih juga bersifat anti pendarahan, antijamur / fungisida. Daun sirih juga merupakan obat alami untuk menghilangkan jerawat, menghilangkan bau badan, mengatasi nyeri haid, dan tentu saja sebagai obat sakit gigi. Cara penggunannya adalah, ambil 3 lembar daun sirih, masukkan dalam gelas dan tuangkan air panas, tunggu beberapa saat sampai air hangat hangat kuku. Gunakan untuk berkumur beberapa kali sehari secara teratur.

SERAI

Sereh atau biasanya disebut dengan serai adalah salah satu rempah-rempah yang mampu mengatasi sakit gigi atau gigi berlubang , jika anda ingin mencoba mengobati gigi anda dengan serai , berikut ini langkah-langkahnya: Rebuslah serai sebanyak 40 g (serai segar) menggunakan 2 gelas air. Tungggu hingga mendidih hingga air didalamnya tinggal separuh. Ramuan hasil rebusan ini bukan untuk di minum tapi anda pergunakan untuk berkumur kumur.

BAWANG PUTIH

Bawang putih adalah salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan untuk bumbu dapur, namun bawang putih juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit gigi. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki dan mengandung senyawa antiseptik. Cara pengobatannya sebagai berikut anda Ambil satu siung bawang putih kemudian anda letakkan di gigi anda yang berlubang atau sakit selama kurang lebih 5 menit lalu keluarkan bawang putih dari mulut anda dan berkumurlah menggunakan air hangat

AKAR MENIRAN

Meniran adalah salah satu obat tradisional yang sudah terkenal ampuh mengobati penyakit ginjal, gangguan saluran kencing, hepatitis dan disentri. Dan akarnya juga mampu mengatasi sakit gigi atau gigi berlubang , jika anda ingin mencobanya berikut ini Caranya: Cuci bersih akar meniran, lalu kunyah-kunyah pada gigi yang sakit.

GETAH JARAK

Getah Jarak tanaman jarak mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan sehari –hari manusia salah satunya adalah getahnya yang mampu menyembuhkan sakit gigi atau gigi yang berlubang pertama anda harus meneteskan getah jarak pada gigi yang berlubang atau anda dapat meletakkan getah jarak pada kapas kemudian anda letakkan ke giigi anda yang sedang sakit atau yang berlubang

DAUN CENGKEH

Selain cengkeh adalah salah satu bahan pembuatan obat herbal ternyata daun cengkeh pun juga mempunyai khasiat untuk mengobati sakit gigi, bahkan bunga cengkeh dipercaya bisa mengobati batuk. Untuk mengobati sakit gigi menggunakan daun cengkeh Caranya adalalah sebagai berikut, cuci lah beberapa helai daun cengkih kemudian seduh dengan air mendidih lalu dilumatkan. Peras dengan kain. Basahilah kapas dengan cairannya yang terakhir jejalkan ke lubang gigi yang sakit.

MINYAK CENGKIH

Minyak cengkih ternyata adalah salah satu minyak yang mampu meringankan sakit gigi . cara pengobatan sakit gigi menggunakan minyak cengkeh adalah sebagai berikut Berikan 2 – 3 tetes minyak cengkih ke atas permukaan kapas yang telah dicuil, kemudian  oleskan / masukkan pada gigi yang berlubang / sakit. Jika anda menggunakan cengkih, anda harus basahi dulu dengan air liur atau kunyah-kunyah sebelum dimasukkan pada gigi. Hati hati dalam penggunaannya, Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memasukkan minyak cengkih tersebut ke gigi yang sakit. Minyak cengkih bisa diperoleh di toko toko jamu tradisional, atau apotik terdekat

CABE RAWIT

Cabe rawit mampu mengobati sakit gigi karena mengandung senyawa capsaicin yang mempunyai manfaat sebagai pereda rasa sakit dan nyeri. Hal Pertama yang anda harus lakukan ialah Larutkan cabe ke dalam air panas, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi.

AKAR KANGKUNG

Akar Kangkung ternyata akar kangkung adalah salah satu obat alterative untuk menyembuhkan gi anda yang sakit atau yang sedang belubang jika anda ingin mencobanya anda harus menyediakan segenggam akar kangkung, 1/2 sdt cuka, direbus dengan 1 gelas air. Gunakanlah air rebusannya untuk berkumur.

Demikianlah beberapa tips cara mengatasi sakit gigi dan obat sakit gigi tradisional yang mudah ditemui. Gunakanlah salah satu ramuan secara teratur hingga sakit gigi berkurang, bila sakit gigi tidak kunjung sembuh lebih baik segera periksakan ke dokter gigi terdekat agar ditangani lebih lanjut. Hal yang paling penting ialah selalu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Ini bisa dibiasakan dengan menyikat gigi menjelang tidur malam. Mencegah itu memang lebih baik dari pada mengobati bukan ? :). Semoga bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 OBAT SAKIT GIGI TRADISIONAL YANG AMAN DAN MUJARAB

0 comments:

Post a Comment