CARA MEMBUAT PLAMIR TEMBOK SENDIRI UNTUK DASAR PENGECATAN

Advertisement

Cara membuat plamir tembok sebenarnya cukup mudah. Plamir biasa digunakan untuk meratakan permukaan tembok yang masih kasar. Tembok rumah yang barusaja selesai dibangun / direnovasi sebaiknya tidak langsung dicat dengan cat tembok berwarna, karena permukaan tembok tersebut masih kasar dan perlu diperhalus terlebih dahulu. Selain itu, plamir juga berungsi untuk menutupi keretakan pada tembok.

Pada prinsipnya, plamir tembok memiliki fungsi yang sama dengan dempul. Ini bisa diambil contoh pada mobil, mobil yang akan dicat ulang / diganti warna biasanya melalui proses pendempulan terlebih dahulu, setelah itu diamplas agar permukaan body lebih halus dan akhirnya di cat, begitu juga dengan tembok.

Bahan bahan untuk membuat plamir tembok bisa dengan mudah didapatkan ditoko bangunan. Bagi anda yang ingin membuat plamir sendiri, anda bisa mengikuti langkah langkah cara membuat plamir tembok dibawah ini. Lalu bahan bahan apa saja yang dibutuhkan ?

BAHAN UNTUK MEMBUAT PLAMIR


1. Kalsium
2. Lem
3. Air secukupnya

Keterangan :
Kalsium memiliki ciri berwarna putih pudar seperti semen putih tetapi bukan semen putih. Lem yang digunakan adalah lem putih  (PVAc) khusus plamir, jika kesilutan anda bisa menanyakan ke penjual bahan bahan bangunan.

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT PLAMIR


Adonan Plamir yang bagus itu tidak terlalu kental dan juga tidak terlalu encer. Proses pencampuran kalsium dan lem menggunakan perbandingan 3 : 1. Misalnya untuk 3 kg kalsium lem yang digunakan adalah  1 kg. Cara pencampurannya sebagai berikut :

1. Siapkan tempat / wadah bisa dari plastik ataupun kaleng.
2. Campurkan air dan kalsium aduk sampai merata.
3. Setelah rata tambahkan lem, setelah adonan plamir rata, plamir siap untuk digunakan.


Selain dengan menggunakan kalsium, sebenarnya kita juga bisa membuat plamir tembok sendiri dengan semen putih, tetapi bila menggunakan semen putih, biasanya tembok akan lebih cepat retak rambut bila dibandingkan dengan menggunakan kalsium. Apabila tembok sudah diplamir dan kering kemudian masih ada titik titik tembok yang bergelombang anda bisa mengamplas pada titik titik tersebut sebelum mengecat tembok.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : CARA MEMBUAT PLAMIR TEMBOK SENDIRI UNTUK DASAR PENGECATAN

0 comments:

Post a Comment