CARA MEMBUAT PLITUR KAYU DAN MEUBEL PALING MUDAH

Advertisement

Pernahkah anda ingin mengetahui cara membuat plitur kayu ? Sebuah furnitur yang terbuat dari kayu, entah itu pintu, jendela, lemari, kursi, meja, ataupun ranjang (dipan) akan terlihat lebih bagus bila diberi plitur / politur kayu. Secara istilah plitur adalah sebuah proses finishing touch, yaitu proses pengecatan terakhir setelah permukaan kayu dihaluskan. Fungsi dari memolitur sebuah kayu ialah tidak untuk memberikan warna, melainkan untuk memperhalus permukaan kayu agar lebih terlihat mengkilap.

Politur kayu biasanya berwarna coklat seperti kayu, saat ini sudah banyak plitur kayu yang dijual bebas dipasaran, baik toko toko bahan bangunan dan toko toko kayu. Harganyapun juga bervariasi dilihat dari kualitas plitur. Ada sebuah cara yang paling mudah untuk membuat plitur kayu sendiri, dan hanya memerlukan 3 bahan dasar. Berikut cara membuat politur untuk kayu dan meubel :

BAHAN BAHAN PLITUR

  • Sepirtus sebanyak 1 liter
  • Sirlak sebanyak 1 ons
  • Oker (warna politur) sebanyak  ½ gram

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT PLITUR


1. Pertama rendamlah Sirlak kedalam sepirtus selama 12 jam agar benar benar hancur.
2. Setelah 12 jam selanjutnya masukkan oker ke dalam larutan tersebut dan ratakan.
3. Politur sudah jadi, bila tidak langsung digunakan, simpan larutan plitur tersebut kedalam botol dan tutup dengan rapat.

Itulah cara membuat plitur yang paling mudah. Untuk penyimpanan sebaiknya jangan dimasukkan dalam kaleng. Karena jika dibiarkan terlalu lama akan berkarat dan menyebabkan politur menjadi hitam. Semoga bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MEMBUAT PLITUR KAYU DAN MEUBEL PALING MUDAH

0 comments:

Post a Comment