CARA MENGAWETKAN KAYU AGAR AWET DAN TAHAN LAMA

Advertisement

Cara mengawetkan kayu - Kayu merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk bahan bangunanan dan juga menjadi bahan dasar untuk bahan furniture seperti meja kursi pintu almari dan lain lain. Agar kayu awet serta kokoh diperlukanlah proses pengawetan kayu. Banyak cara untuk mengawetkan kayu, beberapa metode yang biasa digunakan adalah metode tradisional dengan diremdam dalam air ataupun metode modern (dengan alat / bahan kimia).

Untuk mendapatkan kayu yang kokoh awet serta berkualitas bagus, selain dari jenis kayunya adalah cara untuk mengawetkan. Dibutuhkan perhitungan yang teliti, agar tidak ada pengeluaran ganda apabila kayu sudah dijakan untuk bagian dari bangunan. Struktur kayu yang kuat tidak menjamin kekuatan kayu dalam jangka panjang. Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengawetkan kayu, antara lain :


MACAM MACAM CARA MENGAWETKAN KAYU


MENGAWETKAN KAYU DENGAN DICAT & TER

Cara mengawetkan kayu yang cukup mudah adalah dengan memberikan lapisan cat atau melebur dengan ter, bisa juga menggunakan politur. Ini merupakan cara paling mudah untuk diaplikasikan. Metode ini juga akan mengawetkan kayu dari serangan serangan penyakit kayu. Namun ini hanya dianjurkan dipakai sementara.

MENGAWETKAN KAYU DENGAN DIRENDAM

Cara mengawetkan kayu yang kedua ialah dengan direndam pada air dan larutan Natrium Flouride. Bisa juga dengan menggunakan air saja dalam beberapa minggu. Dengan cara ini kayu akan lebih awet daripada kayu yang tidak direndam.

Bila menggunakan larutan Natrium Flouride bisa digunakan untuk beberapa kali dan akan membuat biaya lebih hemat. Semua bagian / permukaan kayu harus direndam seluruhnya. Adapun kelemahan dari merendam kayu ini adalah waktu yang cukup lama. Tidak dianjurkan untuk kayu yang akan segera dipakai.

MENGAWETKAN KAYU DENGAN CARA VAKUM

Mengawetkan kayu dengan vakum biasa digunakan oleh perusahaan perusahaan / pabrik kayu. Kelebihan dari pengawetan ini adalah penetrasi dan retensi bahan pengawet yang sangat tinggi, proses pengerjaan yang cepat dan bisa digunakan untuk mengawetkan kayu basah maupun kayu kering. Sedangkan kekurangannya adalah, biaya cukup mahal dan diperlukan ketelitian yang tinggi, biasa digunakan untuk pabrik dan perusahaan perusaaan komersial

Itulah informasi seputar cara mengawetkan kayu agar awet dan tahan lama. Dari ketiga metode tersebut pilihlah satu metode yang memungkinkan untuk dilakukan melihat dari tingkat biaya, kemampuan dan kebutuhan. Apakah anda punya tips lain untuk mengawetkan kayu ? :)



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MENGAWETKAN KAYU AGAR AWET DAN TAHAN LAMA

0 comments:

Post a Comment