CARA MEMPERBAIKI POMPA AIR RUSAK, MATI, MENDENGUNG, KONSLET, DLL

Advertisement

Bagaimana cara memperbaiki pompa air yang rusak ? Pompa air merupakan alat yang digunakan untuk menyedot air biasanya dari lokasi yang rendah menuju lokasi yang tinggi. Alat ini merupakan alat yang vital dalam kebutuhan sehari hari baik dirumah, perkantoran, ruko, tempat pendidikan dan lain sebagainya tentu saja untuk memenuhi kebutuhan akan air. Apabila sanyo rusak maka harus segera diperbaiki, untuk memperbaikinya anda tidak perlu menggunakan jasa tukang servis, karena kita bisa memperbaiki sendiri dengan melihat jenis kerusakan pada pompa air.

Kerusakan pada pompa air biasa terjadi apabila pompa air tidak digunakan pada waktu yang cukup lama, terlebih lagi jika pompa air ditempatkan diluar ruangan dan terkena panas berlebih. Untuk memperbaiki pompa air yang rusak / mati kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis kerusakannya. Secara umum jenis jenis kerusakan pompa air meliputi, mati, mendengung / menderik, konslet / nyetrum, air tidak naik (keluar), atau tekanan air lemah (loyo).

MEMPERBAIKI POMPA AIR BERDASARKAN KERUSAKANNYA


1. POMPA AIR MATI TOTAL

Jika pompa air mati total penanganan yang pertama adalah dengan mengecek saklar dan kabel, ada kemungkinan kabel / saklar rusak sehingga arus listrik tidak tersambung, anda bisa mengeceknya menggunakan multimeter, avometer, atau tespen.

Setelah dipastikan tidak ada masalah pada saklar dan kabel, maka selanjutnya adalah memeriksa bagian dalam pompa air, tapi anda harus mengetahui jalur gulungan2 pada pompa air, kerusakan yang terjadi misalnya pelumas kering sehingga pompa tidak bisa berputar, atau karetnya kering (aus).

2. POMPA AIR HIDUP TAPI AIR TIDAK MENGALIR

"Penyakit" yang satu ini sering terjadi pada Pompa air, dimana Pompa air menyala tetapi air tidak bisa mengalir. Hal ini biasanya ada 2 penyebab, pertama air tidak terjangkau oleh pipa dan kedua karena adanya udara yang masuk pada pipa bagian penyedot (bocor) atau masuk angin, hal ini bisa juga terjadi karena saringan rusak atau impeler tidak presisi lagi yang menyebabkan tidak bisa menarik air.

Cara memperbaikinya cek bagian pipa penyedot dan juga saringannya, jika tidak ada masalah berarti anda harus memeriksa bagian blok & impeler.

3. POMPA AIR HANYA BERDENGUNG

Untuk masalah ini, biasanya ada kotoran atau kerak pada bagian impeler atau klahar dalam dinamo, ini juga bisa terjadi pada kapasitor nonpolar. Untuk memperbaikinya sebaiknya dibersihkan pada bagian bagian tersebut.

4. POMPA AIR NYETRUM / KONSLET

Jika pompa air nyetrum, ada kemungkinan konslet pada tegangan fuse (ditespen nyala). Untuk memperbaikinya coba cek menggunakan Multimeter (biasanya ada gulungan lecet).

Itulah cara memperbaiki pompa air yang rusak / mati. Satu hal lagi yang biasanya terjadi pada pompa air, yakni tekanan air lemah / loyo. Ini biasa terjadi karena adanya pipa penyedot yang bocor, dinamo gulungan konslet atau kapasitor rusak. Jika yang bermasalah gulungan dinamo atau pipa penyedot maka bisa diperbaiki, tapi jika kapasitor rusak maka harus ganti yang baru.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MEMPERBAIKI POMPA AIR RUSAK, MATI, MENDENGUNG, KONSLET, DLL

0 comments:

Post a Comment