TIPS CARA MENGECAT DINDING & WALLPAPER PADA DINDING RUMAH

Advertisement

Tips cara mengecat dinding & wallpaper dinding - Salah satu cara terbaik untuk mendekorasi rumah atau suatu bangunan, membuatnya tampak indah, adalah dengan pemakaian cat dinding rumah & wallpaper. Namun, tidak semua orang memiliki insting yang artistik untuk memberikan sentuhan menarik pada ruang yang mereka miliki.

Sebelum mengaplikasikan cat dinding dan wallpaper dinding pada rumah, haruslah anda memprediksi kira kira warna dan motif cat apa yang sesuai untuk ruangan dinding di rumah, misalnya untuk ruang tamu dengan memberikan warna cat yang terang dan kalem, dinding dapur dengan warna cat yang mencolok atau warna warni, begitupun dengan kamar tidur dan ruang tamu. Oleh karenanya, mungkin beberapa tips membuat dan menata cat dan wallpaper dinding di bawah ini bisa menjadi jalan keluarnya.

1. MENENTUKAN CAT DAN WALLPAPER DINDING



Memilih antara cat atau wallpaper bisa menjadi sangat sulit. Namun, jika Anda ingin memakai keduanya, Anda bisa menempatkan cat dan wallpaper pada ruang-ruang yang berbeda. Bisa pula menyatukannya pada satu ruangan.

Cat dan wallpaper sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya saja cat, yang bisa diganti dengan mudah dengan cara menimpa warna sebelumnya. Sedangkan wallpaper terkenal lebih tahan lama. Bisa bertahan hingga 15 tahun lamanya. Hal tersebut mungkin yang membuat banyak rumah bergaya eropa menggunakan wallpaper untuk dinding mereka.

Selain itu, wallpaper membuat ruangan lebih hangat nan artistik. Namun sayangnya ketika bosan Andaakan lebih sulit mengubahnya daripada menggunakan cat. sedangkan kelebihan cat lainnya adalah harganyayang terbilang lebih murah dan penerapannya lebih mudah. Namun, cat juga memiliki beberapa kelemahan. Misalnya saja spektrumwarna yang tidak melimpah. Tidak seperti wallpaper yang bisa dipilih apakah ingin bergaya glossy atau matte.

2. PEMILIHAN WARNA DAN POLA CAT / WALLPAPER


Untuk cat umumnya tidak ada pola, sehingga Anda yang memilih cat bisa fokus pada pemilihan warna. Meski terlihat mudah, memilih warna juga terkadang membingungkan. Kuncinya sendiri ada pada keinginan Anda. Anda harus memilih warna apa yang paling cocok. Setelah itu, baru terapkan pada kaidah pewarnaan ruangan. Misalnya untuk ruang tamu, Anda sebaiknya tidak memilih warna yang terlalu berani, kecuali jika desain ruangannya dibuat bergaya minimalis futuristik.

Sedangkan untuk pola bisa lebih diarahkan pada wallpaper. Pola terbaik dan teraman adalah pola-pola abstrak. Misalnya saja Anda bisa mengikuti pola batik khas Jawa. Anda juga bisa memilih pola bergambar tanaman.

Untuk Anda yang ingin menyatukan antara cat dan wallpaper, maka perhatikan keserasiannya. Misalnya untuk wallpaper biru mda, maka pilihlah cat berwarna putih. Sedangkan untuk warna wallpaper yang berani, maka padukan dengan warna cat yang lebih lembut.

3. RUANG, BAHAN & PERAWATAN


Setiap penerapan cat dan wallpaper harus disesuaikan dengan ruangannya. Misalnya untuk penerapan di dapur, maka sebaiknya hindari wallpaper, karena bisa rusak terkena air atau hawa panas dari kompor jika terjadi terus-menerus.

Selain itu, bahan dari cat dan wallpaper yang digunakan juga haruslah berkualitas. Cat interior berbeda dengan eksterior dan saat ini ada banyak merk cat, dengan kelebihannya masing-masing. Anda harus memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Sama halnya dengan cat, wallpaper juga harus dipilih dengan bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti yang kita tahu, bahan dari wallpaper sangat banyak dan mempunyaikelebihan dari tampilan dan umur yang berbeda-beda.

4. CONTOH CAT DINDING & WALLPAPER DI DINDING RUMAH













Tips cara mengecat dinding & wallpaper dinding yang terakhir mengenai perawatan. Pelajarilah setiap perawatan yang dibutuhkan, agar cat maupun wallpaper bisa bertahan lebih lama dari perkiraan. Anda bisa juga menambahkan berbagai aksesoris menarik untuk dinding yang lain seperti pigura, lukisan, foto, pernak pernik, lafadz, dll.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : TIPS CARA MENGECAT DINDING & WALLPAPER PADA DINDING RUMAH

0 comments:

Post a Comment