BUKA TOKO DIRUMAH ? BACA TIPS & DESAIN MEMBUKA TOKO DIRUMAH BERIKUT INI

Advertisement

Tips buka toko dirumah - Bagi Anda yang ingin membuat suatu usaha di rumah dengan membuka toko dirumah, Anda bisa menjadikan rumah tersebut sebagai toko, dengan tetap tidak meninggalkan unsur tempat tinggalnya. Bagaimana caranya? Tentunya harus dengan desain dan perencanaan yang baik, sehingga hasilnya menjadi sangat tertata dan terlihat luar biasa.

Membuka bisnis toko dirumah memang menjadi pilihan bagi sebagian orang, terlebih mereka yang memiliki banyak waktu dirumah sehingga bisa mendapatkan peluang income tambahan dari bisnis tersebut. Bisnis buka toko ini tentunya tidak membutuhkan banyak modal jika yang dijual adalah kebutuhan sehari hari, namun ini juga tidak menutup kemungkinan bila toko yang dibuat besar dan membutuhkan banyak stok produk.

Ilustrasi

Selain toko kebutuhan sehari hari, sekarang juga sudah banyak jenis toko rumahan yang menjual berbagai barang mulai dari pakaian, counter pulsa / hp, hingga digital printing khususnya yang rumahnya berada dikawasan yang cukup ramain. Sebelum memutuskan untuk membuat toko dirumah simak tips membuat dan menata toko di rumah berikut ini.

TIPS TIPS MEMBUKA TOKO RUMAHAN (SEMBAKO, PAKAIAN, PULSA, DLL)


1. LOKASI TOKO

Lokasi dipengaruhi oleh apa yang akan Anda dirikan. Jika toko yang Anda buat adalah toko kelontong misalnya, yang menjual berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari, maka toko Anda tersebut harus bisa dilihat dengan jelas oleh pejalan kaki. Oleh sebab itu, kebanyakan pemilik rumah yang membuka toko kelontong akan membuat tokonya tersebut tepat di depan rumah.

Tokonya pun bisa terpisah atau menyatu dengan rumah. Bila terpisah akan lebih aman. Sebaliknya, bila menyatu dengan rumah Anda akan lebih mudah dalam melakukan sortir. Anda juga bisa menunggu toko sembari diam di ruang lain di dalam rumah.

2. LUAS RUANGAN TOKO

Ruang toko bisa dibuat sesuai lahan yangada dan kebutuhan. Jika Anda barumerintis dan barumemiliki sedikit produk, maka jangan malu untuk membuka toko dengan luas yang tidak besar. Nanti setelah memiliki modal lebih dan produk yang lebih banyak, Anda bisa melakukan ekspansi dengan membuka ruang tambahan, yaitu dengan mengorbankan ruang yang tidak terpakai.

3. DEKORASI TOKO

Agar toko yang Anda buat di rumah tersebut lebih terlihat profesional, maka Anda bisa melakukan beberapa dekorasi. Di antaranya adalah pemilihan lemari atau etalase untuk penyimpanan produk. Umumnya agar terlihat jelas bisa menggunakan lemari kaca tembus pandang. Agar ruang yang ada lebih optimal, Anda juga bisa menambahkan lemari-lemari gantung. Misalnya saja Anda menjual sembako, maka Anda bisa menempatkan produk-produk bertema makanan di lemari kaca dan pada bagian atasnya. Untuk lemari gantung bisa digunakan untuk menempatkan mie, gula, dan selainnya.

4. ALAT PROMOSI TOKO (SPANDUK/PAPAN NAMA)

Agar toko Anda lebih dikenal, Anda bisa menambahkan papan nama, pada bagian atas toko, sehinggaorang-orang yang lewat bisa melihat dan membacanya dari kejauhan. Anda juga bisa menambahkan spandukatau selainnya untuk tahap promosi. Misalnya Anda bisa menunjukkan promo dan bonus. Dekorasi seperti ini sangat cocok bila Anda memang menjual satu barang. Misalnya Anda menjual ponsel atau pulsa. Bisa juga diterapkan bila Anda menjual jasa, sehingga lebih menarik peminat.

5. KEAMANAN TOKO

Tips buka toko di rumah yang terakhir adalah dengan memperhatikan keamanan. Tentu saja, toko akan lebih rawan dicuri daripada rumah biasa. Oleh sebab itu, instalasi keamanan perlu diperhatikan. Cara terbaik untuk kasus ini adalah dengan memperhatikan pemasangan pintu. Anda bisa menggunakan pintu vertikal yang dapat dikunci dari luar maupun dalam. Bisa juga menggunakan pintu geser yang terbuat dari kayu.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : BUKA TOKO DIRUMAH ? BACA TIPS & DESAIN MEMBUKA TOKO DIRUMAH BERIKUT INI

0 comments:

Post a Comment