CARA MEMBUAT TAMAN BERMAIN ANAK DI RUMAH & CONTOH / DESAIN TAMAN BERMAIN

Advertisement

Cara membuat taman bermain anak - Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan bila memiliki lahan kosong di halaman belakang atau depan rumah. Misalnya saja Anda bisa membuat kebun pribadi ataupun gazebo. Selain itu, bila Anda memiliki anak, tidak salah bila menjadikan lahan kosong tersebut sebagai taman bermain anak. Untuk lebih jelasnya, mari simak tips membuat dan menata taman bermain anak di rumah berikut ini.

TIPS & CARA MEMBUAT TAMAN BERMAIN ANAK


1. Memisahkan taman bermain anak dengan ruang lainnya

Bila Anda memiliki ruang outdoor lain, misalnya tempat Anda menyimpan tanaman ataupun hewan peliharaan, maka Anda harus membuat sekat yang jelas, sehingga anak-anak tidak masuk ke dalamnya. Garis sekat ini bisa Anda buat dengan cara membangun pagar dari kayu. Bisa juga membuatnya tampak alami dengan menumbuhkan tanaman rindang atau taman disekitar rumah.

2. Pemilihan kayu / alat untuk taman bermain

Ada banyak jenis permainan yang bisa Anda pakai. Sebagian dari alat-alat tersebut menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya. Untuk itu, dibutuhkan kecermatan dalam pemilihanbahan kayu. Pada sebagian negara, kayu yang dilapisi arsenik tidak boleh digunakan, karena tidak baik untuk kesehatan anak. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memilih kayu yang segar, yang dilindungi hanya dengan insektisida organik, sehingga ramah terhadap anak maupun lingkungan.

3. Pemasangan alat bermain

Seperti disinggung sebelumnya, ada banyak alat bermain yang bisa anda gunakan. Misalnya saja yang paling populer adalah ayunan. Agar ayunan ini lebih aman, Anda bisa menggunakan kursi bucket, sehingga bisa dipakai oleh banyak umur. Jika anak Anda sudah lebih dewasa, maka bisa menggantinya dengan kursi tali.

Selanjutnya Anda bisa memasang terowongan, yang cocok bagi anak untuk merangkak, mengeksplorasi diri mereka dengan alam. Tambahkan juga tangga pendek yang berguna untuk melatih anak mendaki. Jika perlu, tambahkan balok keseimbangan, yang sangat cocok untuk alat bermain anak usia 3 sampai 5 tahun.

Tambahkan juga alat bermain lainnya yang disukai anak. Misalnya saja kolam air dan kolam pasir. Ada pula perosotan, ring bola basket, gawang untuk bermain bola, dan lain sebagainya.

4. Pemasangan sendiri

Bila Anda tidak ingin menyewa ahli, Anda bisa membuat taman bermain anak di rumah sendiri. Peralatan yang biasa dibutuhkan adalah gergaji, pita ukur, bor, obeng, palu, tang, dan selainnya. Selalu pastikan bahwa bahan dan bentuk dari alat bermain yang digunakan benar-benar aman unuk anak Anda.

Jangan lupa, tempatkan alat bermain dengan posisi yang tepat, tidak saling bertubrukan ketika dipakai oleh lebih dari satu anak. Tali yang digunakan pada ayunan juga harus kuat, dengan bahan yang tidak melukai kulit anak.

CONTOH TAMAN BERMAIN ANAK DIRUMAH (OUTDOOR)















Atap juga penting agar tips membuat dan menata taman bermain anak di rumah bisa berjalan dengan lancar. Mengapa? Karena bisa jadi anak bermain seharian dan ini bisa sangat mengganggu kesehatan mereka bila cuaca terlalu panas atau dingin. Meski begitu, atap tetap harus memberikan pencahayaan yang cukup. Anda juga bisa memasang atap pada sebagian bagian taman saja. Tidak harus semua lahan bermain diberi atap, tapi hanya sebagian atau sedikit saja



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MEMBUAT TAMAN BERMAIN ANAK DI RUMAH & CONTOH / DESAIN TAMAN BERMAIN

0 comments:

Post a Comment