TIPS DESAIN & MEMBUAT KOLAM RENANG RUMAH YANG NYAMAN & PENEMPATANNYA

Advertisement

Tips desain & membuat kolam renang - Bila Anda memiliki rumah dengan halaman belakang yang cukup besar, maka kolam renang di rumah bisa jadi pilihan yang tepat. Seperti yang kita tahu, kolam renang memiliki banyak manfaat, terutama sebagai lokasi untuk berolahraga. Namun begitu, bukan hal yang mudah untuk menyelesaikan proyek pembangunan kolam renang. Oleh sebab itu, di sini Anda akan diajak untuk mengetahui sedikit tips membuat dan menata kolam renang yang baik dan benar.

Sebelum membuat kolam renang, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu hal hal yang harus dipersiapkan, mulai dari perkiraan dana, desain, model, proses pembuatan, penempatan dan lain sebagainya, untuk lebih jelasnya simaklah tips membuat kolam renang berikut ini.

TIPS DESAIN & MEMBUAT KOLAM RENANG YANG NYAMAN & BAGUS


1. Desain dan Budget kolam renang

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam membuat kolam renang adalah desain. Anda bisa memilih bentuk yang diinginkan, apakah kotak, persegi panjang, lonjong, ataupun bulat. Anda juga bisa membuat desain kolam renang yang lebih kompleks. Namun ingat untuk memperhatikan luas lahannya. Berikan ruang lebih pada daratan.

Jika desain sudah didapat, Anda bisa memperkirakan badget yang harus ditanggung. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa melakukan konsultasi dengan ahli, sehingga lebih mudah memanajemen keuangan.

2. Proses penggalian dan pemilihan kelas tanah

Proses pertama dalam pembuatan kolam renang adalah penggalian. Di sini Anda harus menyewa peralatan kontruksi untuk menggali area yag diperlukan. Dalam proses ini juga bisa jadi Anda memerlukan izin dari pihak-pihak terkait. Mengapa? Karena bisa saja sebelumnya di dalam tanah ada sistem-sistem tertentu, semisal pipa, jalur listrik, dan selainnya yang tidak boleh dirusak.

Anda juga akan melalui proses pemilihan kelas tanah. Bila Anda ingin membuat kolam renang yang miring, sehingga sebagian tinggi daripada sebagian lainnya, mungkin Anda memerlukan tukang yang handal dan berpengalaman.

3. Pemasangan bingkai dinding pada kolam renang

Tahap selanjutnya adalah pemasangan bingkai dinding kolam renang. Bahan yang digunakan uumumnya dari kayu dan logam rebar. Bahan-bahan ini harus disusun dengan baik, simetris, tidak boleh ada lubang atau cacat yang dapat merusak kemampuan dari kolam renang tersebut.

4. Memasukkan & memasang pipa di kolam renang

Kolam renang juga membutuhkan pipa-pipa yang berguna untuk proses keluar masuknya air. Dari sini Anda bisa menyewa tukang ledeng profesional yang mengerti akan sistem pasokan dan filtrasi air khusus kolam renang.

5. Pemasangan dinding dan lantai kolam renang

Jika pipa, listrik, dan sistem lainnya sudah dipasang, Anda bisa mulai memasang lantai serta dinding yang sebenarnya. Untuk tahap awal dengan cara pemasangan semen, grading, dan proses merapikan. Biasanya sudut lantai lebih sulit untuk dibuat pada kolam renang dengan ketinggian yang berbeda-beda. Untuk itu, kecermatan harus dimiliki oleh para tukang.

Sedangkan untuk dinding biasanya menggunakan blok cinder atau beton. Untuk tinggi dinding harus diperhatikan dengan bagian puncak tanah. Selain itu, sebaiknya diskusikan bahan-bahan pembangun lainnya yang bermanfaat bagi dinding dengan kontraktor Anda.

6. Contoh model kolam renang RUMAH berbagai model












Tips membuat dan menata kolam renang yang terakhir adalah dengan pemasangan aksesoris tambahan, seperti plastik, plester, dan bahan lainnya. Setelah itu, isi kolam renang dengan air. Sumbernya bisa dari penyedia layanan air ataupun sumber air dari rumah Anda sendiri. Selain itu, tambahkan juga dekorasi seperlunya, seperti serodotan kecil, tiang penyangga untuk naik dan turun, dan selainya.

Lihat juga : Contoh desain taman rumah



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : TIPS DESAIN & MEMBUAT KOLAM RENANG RUMAH YANG NYAMAN & PENEMPATANNYA

0 comments:

Post a Comment