TIPS MEMBUAT RUKO & CONTOH CONTOH DESAIN RUKO TERBARU

Advertisement

Ruko adalah singkatan dari rumah toko, yang berarti suatu bangunan yang disusun dan umumnya bertingkat. Pada bagian bawah dari bangunan dibuat sebagai toko atau kantor dan bagian atasnya dipakai sebagai tempat tinggal. Saat ini sendiri ruko sudah sangat banyak, dengan berbagai jenis desain dan fitur. Bagi Anda yang juga ingin membuatnya, tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa tips membuat dan menata ruko pada pembahasan di bawah ini.

TIPS MEMBUAT RUKO


1. Memperhatikan lokasi ruko

Karena ruko akan digunakan sebagai tempat bisnis, Anda harus menempatkannya pada lahan yang memang strategis, sehingga nantinya fungsi dari ruko bisa lebih maksimal. Untuk mendapatkan lahan yang strategis sendiri bisadisesuaikan dengan jenis usaha yang dilakoni.

2. Perencanaan desain ruko

Desain ruko bisa sangat-sangat penting dewasa ini. Dengan lahan yang sempitdiperkotaan, membuat desain ruko harus direncanakan dengan matang. Jika tidak, maka pengeluaran akan lebih besar dari hasil yang didapat.

Umumnya ruko bisa dibangun 2 hingga 5 lantai, sesuai kebutuhan. Dalam beberapa lantai tersebut, haruslah diperkirakan, berapa lantai yang digunakan sebagai toko atau kantor dan berapa lantai sisanyasebagai tempat tinggal.

Saat ini kebanyakan desain hanya berfokus pada lahan bisnis saja. Perorangan hingga developer membangun ruko dengan fokus usaha saja, sehingga unsur tempat tinggalnya benar-benar ditinggalkan. Kenyamanan pemilik ruko, dari mulai kelembapan, pencahayaan, hingga tata lingkungan tidak diperkirakan dengan baik. Padahal, lama tidaknya pemilik ruko bisa bertahan dengan usahanya di ruko tersebut dipengaruhi juga dengan kenyamanan tinggal di sana.

Oleh sebab itu, jika bisa, sewalah arsitek atau tukang gambar yang memang mengerti keinginan pemilik ruko. Jangan hanya mengandalkan AC agar udara lebih segar. Namun harus memperhatikan aspek ventilasi hingga pemilihan atap yang tidak membuat suhu ruangan menjadi panas. Balkon pada dinding yang jarang digunakan para ruko juga seharusnya dipakai, sehingga cahaya mataharitidak menyiram bangunan secara langsung.

Aspek lingkungan, tanaman atau pepohonan, dan lalu lintas juga mesti dipikirkan matang-matang. Oleh sebab itu, orang awam sebaiknya tidak sibuk untuk memikirkan desain dari rukonya. Biarkan ahlinya yang berbicara.

3. Persiapan bahan bangunan dan tukang

Tahap selanjutnya dalam membangun dan menata ruko adalah memperhatikan apa saja bahan bangunan yang dipakai, serta berapa tukang yang akan disewa. Bahan termasuk dalam proses pembangunan hingga proses dekorasi, seperti instalasi listrik, air, cat, hingga furnitur. Umumnya untuk bagian lantai atas furitur yang digunakan seperti rumah-rumah pada umumnya. Sedangkan untuk bagian kantor di bawahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha.

4. Harga pembuatan dan penataan ruko

Sebelum membangun, Anda harus bisa menerka kira-kira berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membangun ruko tersebut dari nol hingga akhir. Perencanaan keuangan sangat penting. Akan ada banyak pengeluaran mendadak dalam pembangunan ruko, karena berbeda dengan membuat rumah atau toko secara terpisah.

CONTOH DESAIN RUKO TERBARU










Itulah tips membuat ruko & contoh desain ruko terbaru, semoga bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : TIPS MEMBUAT RUKO & CONTOH CONTOH DESAIN RUKO TERBARU

0 comments:

Post a Comment