1001 MANFAAT JENGKOL BAGI KESEHATAN TUBUH & MEMBUNUH SEL KANKER

Advertisement

Jika mendengar kata "Jengkol" mungkin hal pertama yang kita fikirkan adalah baunya yang menusuk hidung. Dibalik bau yang menusuk hidung tersebut ternyata banyak manfaat jengkol yang berguna bagi kesehatan tubuh, banyak zat zat terkandung dalam jengkol yang berguna bagi tubuh. Jengkol juga bisa mengatasi berbagai macam penyakit yang banyak diderita oleh manusia. Jengkol memiliki nama latin Archidendron Pauciflorum dan merupakan tanaman yang tergolong dalam suku polong polongan. Jengkol juga biasa disebut dengan Jering, dan orang barat menyebutnya dengan dog fruit.


Tanaman jengkol adalah tanaman yang tumbuh subur menjadi tanaman pangan khas diwilayah asia tenggara, termasuk di Malaysia, Thailand, Myanmar, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, jengkol banyak dijumpai diwilayah Jawa Barat. Kabarnya nilai konsumsi Jengkol di Indonesia mencapai 100 ton perhari. Jengkol juga bisa dikonsumsi mentah maupun dengan diolah terlebih dahulu. Cara mengolah jengkolpun kini sudah bervariasi, mulai dari dibuat semur jengkol, rendang jengkol, sambal goreng jengkol, gulai jariang (jengkol), jengkol kecap manis, dan lain sebagainya.

Semur jengkol

KANDUNGAN ZAT & GIZI JENGKOL


Jengkol memiliki kandungan zat dan gizi yang bisa bermanfaat bagi kesehatan, ataupun malah merugikan kesehatan jika mengkonsumsinya tanpa batas. Maka diajurkanlah mengkonsumsi jengkol dengan batas yang wajar dan tidak berlebihan. Menurut banyak penelitian dalam biji jengkol mengandung :
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Steroid
  • Glikosida
  • Alkaloid
  • Minyak atsiri
  • Tanin
  • Saponin
  • Asam amino
  • Asam jengkolat, dll

MANFAAT JENGKOL BAGI KESEHATAN


Seperti yang telah diungkapkan oleh Institute of Health Sciences, 819 Sweden Riset Biosains. L.L.C. Cause Street, bahwa jengkol merupakan buah ajaib yang mampu membunuh sel kanker. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari buah jengkol. Berikut ini adalah manfaat bagi kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi jengkol.

1. MANFAAT JENGKOL UNTUK MEMBUNUH SEL KANKER.

Jengkol mampu membunuh sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari metode penyembuhan Kemoterapi, dan terbukti mampu melawan semua jenis kanker. Senyawa yang terkandung dalam jengkol menunjukkan 10.000 lebih bagus daripada adryamicin (obat kemoterapi yang biasa digunakan sebagai penghambat bertumbuhnya sel kanker). Berdasarkan informasi yang diperoleh dari produsen obat besar di dunia dan telah dites pada lebih dari 20 laboratorium yang berbeda sejak tahun 70 an, telah diungkapkan bahwa biji tumbuhan jengkol ini bisa membunuh sel ganas pada 12 kanker, termasuk kanker payudara, paru paru, prostat, kolon, dan pankreas. Jenis terapi dengan menggunakan ekstrak jengkol tidak akan mengganggu sel sel sehat pada tubuh. (Institute of Health Sciences, Sweden)

2. MANFAAT JENGKOL UNTUK MENGATASI INFEKSI

Jengkol juga telah dinilai sebagai salah satu spektrum anti mikroba dan mampu mengatasi infeksi bakteri maupun jamur, ini terbukti dengan baunya yang sangat adikuat. Kandungan yang  terdapat dalam jengkol juga efektif untuk melawat parasit internal dan cacing dalam tubuh, selain itu juga berkhasiat untuk dapat mengatur tekanan darah pada tubuh yang terlalu tinggi. Jengkol juga berguna untuk mengatasi gugup, memerangi stres karena berfungsi sebagai anti depresan.

3. MANFAAT JENGKOL UNTUK KESEHATAN TULANG

Jengkol juga terbukti mampu mengasup kebutuhan kalsium pada tubuh dan juga baik bagi tulang. Ini dikarenakan kandungan kalsium yang terdapat pada jengkol mencapai 140 mg per 100 gr jengkol. Kebutuhan kalsium yang paling besar adalah masa pertumbuhan, namun kalsium juga penting bagi masa dewasa untuk menjaga kesehatan tulang. Fosfor yang terkandung dalam buah jengkol berjumlah 166,7 mg / 100 g, ini cukup penting bagi pembentukan gigi dan tulang.

4 MANFAAT JENGKOL UNTUK MENGATASI ANEMIA (KURANG DARAH)

Anemia bisa menyerang siapa saja termasuk remaja, orang dewasa, wanita hamil, ibu menyusui dan vegetarian. Penyebab utama terjadi anemia ialah kurangnya zat besi pada tubuh, orang orang yang terserang anemia akan nampak pucat, lemah, kurang konsentrasi, amarah tidak stabil, tidak bergairah, sakit kepala serta cukup rentan terhadap serangan virus dan infeksi. Zat besi yang terkandung pada jengkol 4,7 g / 100 g, ini merupakan jumlah yang cukup baik untuk menghindari terjadi anemia.

4. JENGKOL SEBAGAI SUMBER PROTEIN

Protein merupakan zat sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh tubuh. Protein dalam tubuh berfungsi sebagai zat pembangun dan berperan penting dalam pertumbuhan tubuh, pemeliharaan kesehatan, membangun hormon dan enzim serta imunitas tubuh. Kadar protein yang terkandung dalam jengkol sangat baik, sebanyak 23,3 g per 100 gr jengkol, ini lebih tinggi dari protein yang terkandung dalam tempe, dimana tempe yang dikenal sebagai sumber protein nabati. Dalam tempe hanya mengandung 20 g protein dalam 100 g tempe.

5. JENGKOL SEBAGAI SUMBER VITAMIN C

Kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda beda. Laki laki dewasa membutuhkan 90 mg vit C dalam sehari, sedangkan perempuan dewasa membutuhkan 75 mg dalam sehari. Vitamin C yang terkandung dalam Jengkol adalah 80 mg dalam 100 g jengkol, sehingga jumlah ini cukup baik untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C.

6. MANFAAT LAIN
  • Melancarkan buang air besar, kandungan serat yang tinggi dalam jengkol bagus untuk memperlancar BAB.
  • Mencegah diabetes
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mencegah kista dan tumor
  • Dll

EFEK MAKAN JENGKOL


Selain memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh, jengkol juga memiliki efek yang negatif pada tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Efek efek tersebut antara lain :

1. Asam Jengkolat yang terdapat dalam jengkol tidak bermanfaat apa apa bagi tubuh malah cenderung merugikan tubuh. Ini bisa menyebabkan jengkolan (susah buang air kecil), jika terlalu banyak mengkonsumsi, akan menyebabkan penumpukan dan pembentukan kristal pada saluran urine sehingga kencing kadang terasa sakit. Namun ini juga tergantung dari seberapa bagus daya tahan tubuh seseorang.

2. Bau yang kurang sedap adalah efek lain dari memakan jengkol. Memakan jengkol bisa menyebabkan bau yang tidak sedap pada mulut, keringan, kencing, dan gas yang keluar dari tubuh. Tetapi hal tersebut bisa dikurangi dengan cara merendam atau merebus jengkol sebelum dikonsumsi.

Itulah manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh serta efek negatif jengkol bagi tubuh. Bagi anda yang suka dengan makan jengkol batasilah dalam mengkonsumsi buah jengkol. Dan bagi yang belum pernah mencoba makanan dari jengkol, tak ada salahnya mencoba mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak manfaat ini.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 1001 MANFAAT JENGKOL BAGI KESEHATAN TUBUH & MEMBUNUH SEL KANKER

0 comments:

Post a Comment