MANFAAT BUAH MELON DAN KANDUNGAN GIZI BUAH MELON

Advertisement

Manfaat buah buahan ternyata sangatlah beragam terutama pada buah melon yang ternyata bisa dijadikan sebagai pereda sakit panas. Bagi masyarakat Indonesia, melon merupakan buah yang tidak asing lagi. Dahulu, melon dijuluki dengan “Buah Eksotik” karena harganya mahal dan tidak semua orang bisa mengkonsumsi buah ini. Hanya kalangan menengah keatas saja yang mengkonsumsinya. Namun seiring dengan pertumbuhan dan banyaknya budidaya melon diseluruh penjuru dunia, kini hampir semua masyarakat dari semua lapisan bisa menikmatinya karena harga yang sudah terjangkau.

Asal usul buah melon ini sebenarnya tidak diketahui dengan pasti, namun banyak sumber yang mengatakan bahwa buah melon berasal dari Lembah Panas Persia atau daerah antara Asia Barat dengan Eropa dan Afrika. Tanaman ini tersebar luas ke Timur Tengah, Amerika, dan Akhirnya tersebar keseluruh penjuru dunia terutama di daerah tropis dan subtropis termasuk di Indonesia. Buah melon digemari karena rasanya yang manis nikmat dan aromanya yang mengagumkan.

Pembahasan selain manfaat buah melon adalah kandungan gizi yang terdapat dalam buah ini. Dipercaya buah melon memiliki kandungan zat zat cukup berperan penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu buah melon merupakan buah yang sangat disukai oleh Rosulullah S.A.W karena buah ini bisa meredakan panas. Seperti hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud “Diantara buah yang disukai Rusulullah SAW adalah Anggur dan Melon”.

KANDUNGAN GIZI BUAH MELON


Kandungan zat (gizi) yang terdapat dalam buah melon sangatlah banyak, menurut penelitian unsur unsur yang terkandung dalam buah Melon adalah sebagai berikut :
  • - Air
  • - Protein
  • - Karbohidrat
  • - Kalsium
  • - Fosfor
  • - Yodium
  • - Vitamin A
  • - Vitamin C 

MACAM TIPE BUAH MELON


Para ahli mengklasifikasi melon dalam 2 tipe. Pertama tipe Netted Melon dan yang kedua tipe Winter Melon. Berikut ini adalah ciri ciri dari kedua tipe tersebut :

NETTED MELON

  • 1. Memiliki kulit buah yang keras, kasar, berurat, dan berbentuk seperti jala (net) 
  • 2. Beraroma relatif lebih harum jika dibanding dengan winter melon 
  • 3. Melon jenis ini masak antara 75 – 90 hari. 
  • 4. Awet dan tahan lama untuk disimpan. 

WINTER MELON 

  • 1. Kulit buah halus, mengkilat dan aroma buah yang tidak harum 
  • 2. Buah cenderung lebih lambat masak jika dibandingkan dengan Netted Melon antara 90 – 120 hari. 
  • 3. Mudah rusak dan tidak tahan lama untuk disimpan 

MANFAAT BUAH MELON UNTUK KESEHATAN BADAN 


Selain untuk meredakan panas, berikut ini adalah beberapa manfaat buah melon bagi kesehatan yang telah berhasil dirangkum oleh manfaat-buah-sayur-blogspot.com :

MENGUSIR BATU DALAM GINJAL

Buah melon bisa mengusir batu dalam ginjal dan kantung kemih. Ia juga bersifat sebagai obat pencahar bagi setiap cairan yang kebetulan ada dalam perut. Selain itu buah melon juga bisa meredakan rasa panas dalam perut dan kandungan mineralnya bisa menghilangkan keasaman dalam tubuh dan juga menyembuhkan sembelit.

MENGHILANGKAN NODA HITAM PADA WAJAH

Buah melon juga bisa menghilangkan noda noda hitam pada wajah dengan cara menggosok gosokkan pada bagian muka. Maka wajar, jika kemudian banyak produksi kosmetik yang menggunakan melon sebagai bahan dasar kecantikan.

MINYAK TETES MATA

Jika digunakan sebagai minyak (diolah dahulu) tetes mata, melon bisa membuat mata bercahaya dan semakin mempertajam penglihatan. Ia juga merupaka deuric dan bisa tercerna dengan cepat.

MEMBERSIHKAN PERUT

Melon adalah makanan sekaligus minuman, serta bau bauan. Melon mencuci kandung kemih, membersihkan perut, meningkatkan cairan tulang punggung, membantu hubungan seksual, dan menghentikan pilek, tetapi sifat-sifat ini mungkin hanya ada pada melon kuning (Ibn. Abbas).

Dalam ilmu medis, sebenarnya bukan rasa manis semata yang bisa diperoleh dari melon, tapi banyak kegunaan dan vitamin yang dikandung buah ini. Jenis melon yang berwarna hijau bersifat dingin dan basah. Sedangkan melon berwarna kuning cenderung panas.

Buah melon yang memenuhi standar kesehatan dan layak dimakan haruslah segar, bila sudah membusuk justru akan menyebabkan sakit. Jika dimakan setelah mulai membusuk, ia harus dikeluarkan dari tubuh, sebab dalam keadaan seperti itu melon sudah buruk, beracun dan tak layak konsumsi. Jika timbul sakit panas, maka obatnya adalah oxympel (sirup yang terbuat dari campuran cuka dan madu). Jika dingin obatnya adalah jahe.

Demikianlah informasi seputar manfaat buah melon dan kandungan gizi buah melon, dengan mengkonsumsi buah melon berarti kita turut menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : MANFAAT BUAH MELON DAN KANDUNGAN GIZI BUAH MELON

0 comments:

Post a Comment