6 NUTRISI PENTING UNTUK IBU HAMIL DIMASA KEHAMILAN

Advertisement

Untuk ibu yang tengah hamil setidaknya haruslah menjaga asupan gizi agar janin dalam kandungan tumbuh dengan sempurna, setidaknya ada 6 nutrisi penting untuk ibu hamil yang harus dikonsumsi dimasa kehamilan baik hamil muda hingga hamil tua / sampai melahirkan. Kehamilan merupakan proses yang diidam idamkan oleh semua pasangan suami istri yang sudah ingin memiliki keturunan. Oleh sebab itu ibu ibu yang sedang mengandung memiliki kewajiban untuk menjaga kesehatan janin dan dirinya sendiri.

Ke 6 Nutrisi penting bagi ibu hamil yang akan dibahas dibawah ini bisa didapatkan dari makanan makanan sehari hari, dianjurkan seorang ibu yang tengah hamil tidak mengkonsumsi makanan makanan cepat saji dan berbagai makanan yang mengandung banyak bumbu bumbu yang dikhawatirkan akan memberikan efek negatif kepada kandungan. Lalu apa sajakan ke 6 Nutrisi penting dimasa kehamilan tersebut ? Berikut uraiannya :


NUTRISI PENTING BAGI IBU HAMIL

Daftar Nutrisi penting untuk ibu hamil dimasa kehamilan antara lain :
  • Kalsium
  • Protein
  • Zat Besi
  • Vitamin A
  • Prebiotik Inulin
  • Asam Folat

1. NUTRISI IBU HAMIL : KALSIUM


Nutrisi yang pertama bagi ibu hamil adalah Kalsium. Kalsium berperan penting dalam proses pertumbuhan, pembentukan tulang janin dan gigi, sedangkan bagi ibu kalsium bisa bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.

Sumber kalsium untuk ibu hamil bisa didapatkan dari Susu, keju, kacang kacangan, bak choi, brokoli, teri dan sarden.

2. NUTRISI IBU HAMIL : PROTEIN

Nutrisi yang kedua adalah Protein. Ibu hamil membutuhkan sekitar 60 gram protein setiap hari, dimana protein ini memiliki fungsi sebagai sumber tenaga (energi), selain itu protein juga berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan janin sekaligus sebagai zat pembangun dalam tubuh.

Sumber protein untuk ibu hamil bisa didapatkan dari Daging, telur, susu, tahu dan tempe.

3. NUTRISI IBU HAMIL : ZAT BESI

Seorang ibu hamil harus cukup mengkonsumsi makanan makanan yang mengandung banyak zat besi. Bagaimanapun juga, zat besi sangat penting bagi ibu dan janin, yakni untuk mencegah anemia atau defisiensi zat besi yang cukup berpengaruh bagi perkembangan otak maupun kecerdasan janin.

Sumber zat besi bagi ibu hamil secara mudah bisa didapatkan melalui sayuran hijau (bayam, daun singkong, sawi, kacang panjang, dll), kacang kacangan, ikan tuna, daging sapi, hati ayam dan sapi.

4. NUTRISI IBU HAMIL : VITAMIN A

Secara umum vitamin A memiliki peran dalam kesehatan mata, namun Vit A juga berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan janin, Vitamin A juga berguna sebagai imunitas si ibu hamil.

Sumber Vitamin A : Mangga, Brokoli, Bayam, Ubi kuning, Hati sapi.

5. NUTRISI IBU HAMIL : PREBIOTIK INULIN

Prebiotik inulin berguna untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh, selain itu juga bisa untuk mencegah sembelit. Prebiotik inulin juga memiliki perang penting dalam perkembangan bakteri baik dalam usus serta berperan dalam penyerapan mineral ke tubuh.

Sumber Prebiotik Inulin untuk ibu hamil bisa didapatkan dari Pisang, Bawang Merah, Jali jali.

6. NUTRISI IBU HAMIL : ASAM FOLAT

Nutrisi terpenting lainnya adalah asam folat, asam folat memiliki fungsi sebagai pembentuk sel dan sistem saraf pada janin, fungsi lain dari Asam Folat untuk janin ialah untuk mencegah cacat janin serta bisa mencegah gangguan pada perkembangan otak janin.

Sumber Asam Folat yang baik berasal dari : Bayam, brokoli, asam, asparagus, telur, hati.

Itulah 6 Nutrisi penting untuk ibu hamil dimasa kehamilan. Bagi ibu hamil juga disarankan untuk selalu kontrol tekanan darah, jika dirasa tekanan darah terlalu rendah hindari makan timun, nanas, semangka, sawi putih, melon, bengkoang. Dan sebaliknya jika dirasa tekanan darah terlalu tinggi jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam, hindari juga minum kopi.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 NUTRISI PENTING UNTUK IBU HAMIL DIMASA KEHAMILAN

0 comments:

Post a Comment