8 MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI IBU HAMIL AGAR TETAP SEHAT

Advertisement

Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil - Ibu hamil membutuhkan sangat bermacam-macam nutrisi dan gizi yang seimbang ada buah, sayur dan ikan, yang memiliki manfaat berbeda beda. Makan makanan yang bergizi dan seimbang sangat penting bagi siapa pun, tetapi sangat penting lagi untuk ibu hamil. Namun sebagian orang banyak yang tidak mengetahui makanan yang harus dihindari ibu hamil (pantangan). Apalagi bagi ibu hamil muda yang sangat rentan mengalami keguguran.

Bagi anda yang sedang mengandung atau dalam proses kehamilan, sebaiknya anda memperhatikan pantangan yang tidak boleh di makan oleh ibu hamil. Pantangan disini dimaksudnya larangan atau sesuatu yang harus anda hindari oleh ibu yang sedang hamil agar janin & ibu hamil tetap sehat . Berikut daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil mudah, karena memiliki potensi berbahaya baik bagi sang ibu dan janin.

Berikut 8 Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil Agar Tetap Sehat :


1. Ibu Hamil Tidak Boleh Memakan Telor Mentah

=> Makan telur mentah sangat agak berresiko tinggi untuk ibu hamil. Orang pada jaman dulu malah menganjurkan makan telur mentah untuk memperkuat kondisi tubuh ketika melahirkan kuat dan tidak pingsan. Namun dalam ilmu kesehatan medis ternyata makan telur mentah sebaiknya anda hindari, karena dapat membawa resiko terjangkitnya bakteri salmonela yang terdapat pada telur mentah dan setengah matang. Seperti makan salad dressing bahan yang di gunakan dari telur mentah, termasuk juga spageti karbonara dan mayones yang semuanya berbahan dasar telur mentah.

2.  Ibu Hamil Makan Tidak boleh makan Ikan Setengah Matang


=> Ada beberapa ikan yang sebaiknya dihindari. Diantaranya ikan hiu, todak dan ikan marlin. Ikan-ikan tersebut banyak mengandung merkuri dalam kadar yang cukup tinggi sehingga sangat berresiko untuk calon bayi. Bisa berbahaya mengganggu bagi perkembangan saraf janin. Ikan tuna sangat baik untuk ibu hamil tapi jika dimasak matang dan dengan cara alami tanpa banyak bumbu.

3. Ibu Hamil Minum Susu Sapi Perah

=> Ibu hamil sangat baik mengkonsumsi susu, tapi tidak sembarang susu yang baik dikonsumsi. Ada susu yang berbahaya yaitu susu yang tidak dipasteurisasi susu sapi perah. Proses mengambilnya susu yang tidak Dipasteurisasa sehingga bakteri mudah saja masuk. Sehingga sangat tidak baik untuk ibu dan janin.

4. Ibu Hamil Minum Kopi, R0k0k Dan Alkohol

=> Tidak jarang kaum wanita sering mengkonsumsi kopi. Selain untuk menghilangkan suntuk juga menahan rasa kantuk. Tapi tahukah anda bahwa zat kafein pada kopi dapat meningkatkan detak jantung ibu hamil tapi juga detak jantung janin yang anda kandung. Bahkan akan membawa resiko keguguran. Selain kopi, rokok dan alkohol dilarang kerang untuk ibu yang sedang mengandung, sangat membahayakan bagi kesehatan. Karena jika masih mengkonsumsi rokok dan alkohol dapat menyebabkan bayi cacat, bahkan juga kematian.

5. Hindari Ibu Hamil Makan Salad

=> Salad yang sudah dikemas sangat berbahaya bagi janin karena mengandung bahan pengawet makanan atau toksoplasmosis.

Sebelum anda memakannya sebaiknya terlebih dahulu anda cuci sampai bersih baru kemudian anda boleh memakannya.

6. Ibu Hamil Dilarang makan Daging Kurang Matang

=> Daging sangat baik untuk ibu hamil memiliki kaya zat besi yang akan meningkatkan hemoglobin anda. Zat besi yang terkandung pada daging akan diserap oleh tubuh anda dengan mudah. Tapi jika proses memasak daging tidak baik pengolahannya dapat membawa resiko toksoplasmosis, listeria & salmonela. Selain daging hati juga memiliki vitamin A yang tinggi dan akan membahayakan janin. Agar anda terhindar dari daging yang kurang bagus sebaiknya anda membuat sendiri makanan di rumah.

7. Ibu Hamil Tidak Konsumsi Udang

=> Yang selanjutnya adalah udang, jika anda suka mengkonsumsi jenis seafood ini sebelum hamil, maka berhentilah jika sedang hamil. Jenis makanan satu ini juga berresiko untuk ibu hamil. Karena jika anda memasaknya tidak matang akan mengakibatkan keracunan makanan yang membahayakan ibu dan janin yang di kandungan. Dari pada menanggung resiko yang membahayakan, lebih baik hindarilah selama masa kehamilan.

8. Ibu Hamil makan Es Krim

=> Es krim sangat disukai oleh semua orang, baik anak kecil, dewasa maupun ibu hamil. Tapi untuk ibu hamil sebaiknya berhati-hati memilih es krim. Demi kesehatan ibu hamil sebaiknya menghindari es krim yang dibuat dengan mesin tanpa adanya quality control yang sesuat standart. Karena jika es krim yang dibuat dengan proses yang baik dapat membawa resiko listeria bagi ibu hamil.

Namun jika Eskrim dipastikan steril, & bersih, maka anda boleh mengkonsumsinya, namun ingat jangan sering sering. Cukup 2 - 3 saja sebulan. Terlalu banyak mengkonsumsi ESkrim dan minum minuman dingin bisa menyebabkan janin terlalu subur di dalam rahim sehingga cukup bisa menyulitkan nantinya saat proses persalinan normal.

Itulah artikel tentang 8 Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil Agar Tetap Sehat. Sebenarnya tidak semua makanan dilarang, hanya saja harus bisa mengolahnya dengan benar. Tips buat anda yang sedang mengandung, sebelum makan sebaiknya cuci tangan dengan sabun sehingga terhindar dari kuman berbahaya, cuci buah dan sayur sebelum di konsumsi agar terhindar dari bakteri, dan hindari juga makan yang mengandung bahan pengawet, zat pewarna dan zat perasa. Dan sebaliknya, agar gizi dan nutrisi janin tetap terjaga baca juga artikel berikut  6 Nutrisi Penting bagi Ibu Hamil.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI IBU HAMIL AGAR TETAP SEHAT

0 comments:

Post a Comment